visitaaponce.com

Waspada Mengemudi Malam Hari, Simak Tips Ini agar Lebih Aman

Waspada Mengemudi Malam Hari, Simak Tips Ini agar Lebih Aman
Ilustrasi: truk tebu yang menyebabkan kecelakaan maut.(Metro TV/Kumbang Ari Bowo)

RISET yang dilakukan oleh Greg Monforton & Partners Injury Lawyers (2022) menemukan bahwa mengemudi di malam hari memiliki tingkat risiko tiga kali lipat lebih tinggi untuk terlibat dalam kecelakaan.

Selain karena rawan mengantuk, terdapat faktor alam dan kondisi jalanan yang mengharuskan pengendara lebih sigap saat berkendara di malam hari.

Banyak kejadian tidak terduga di jalanan saat malam hari akibat faktor kelelahan, kurang fokus, hingga minimnya lampu penerangan. Untuk itu, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales Hariadi memberikan sejumlah tips yang dapat dilakukan pengendara saat melakukan perjalanan pada malam hari.

Baca juga: Jasa Raharja Imbau Pemilik Kendaraan Jangan Abaikan Surat Peringatan

 

1. Gunakan lampu sesuai spesifikasi kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan seluruh lampu penerangan hingga lampu penanda pada mobil sudah menyala dan tidak sedang mengalami gangguan.

Kemudian, pastikan lampu mobil sudah sesuai dengan standar spesifikasi. Pemakaian warna lampu sudah diatur dan tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012 pasal 23.

"Gunakanlah lampu secara bijak dan sesuai kebutuhan. Misalnya saat ada pengendara lain yang melintas di depan atau sedang melewati daerah yang ramai, hindari penggunaan lampu jarak jauh agar tidak mengganggu pandangan atau menyilaukan pengendara lain," kata Hariadi dalam keterangan resmi, Selasa (9/5).

Baca juga: Polisi Hanya Tegur Pengendara Mobil yang Pakai Plat RF Palsu

 

2. Hindari menatap lampu mobil lain

Pengendara dilarang melihat secara langsung ke arah lampu penerangan mobil lain. Hal itu akan menyebabkan silau atau pandangan yang berkilau-kilau akibat melihat cahaya yang terlalu terang.

Menurut Hariadi, kondisi tersebut juga akan membuat pengendara cenderung lebih panik dan kehilangan arah. Namun, jika tidak sengaja melihat lampu dan mendadak silau, hindari berhenti secara tiba-tiba. Lalu pastikan untuk berjalan pelan-pelan guna menghindari adanya kejadian tak terduga di jalan.

 

3. Gunakan rute yang sering dilalui

Dalam berkendara di malam hari sebaiknya kenali rute tersebut dengan baik dan perhatikan kondisi jalan. Hal tersebut membantu Anda lebih mudah mengingat dan mengantisipasi tikungan, lampu lalu lintas, rambu lalu lintas, dan lain-lain saat mengemudi di malam hari.

 

4. Perhatikan lingkungan sekitar

Ketika berkendara dalam kondisi gelap, pengendara harus lebih berhati-hati saat melewati area pemukiman. Di area ini, banyak sekali pengguna jalan yang harus diperhatikan seperti anak-anak, orang tua, dan pengendara sepeda hingga sepeda motor.

"Selain pengguna jalan, pengendara juga harus berhati-hati terhadap hewan yang tiba-tiba melintas di depan kendaraan. Maka dari itu, kurangi kecepatan ketika melewati area tersebut dan selalu waspada terhadap lingkungan sekitar," jelas Hariadi.

 

5. Jaga jarak dan kurangi kecepatan

Selalu pastikan untuk menjaga jarak yang aman dengan kendaraan lain yang ada di depan. Pengemudi juga diimbau mengurangi kecepatan saat diperlukan. Hal itu dapat memberikan lebih banyak waktu bagi pengendara untuk bereaksi dan merespons adanya perubahan kondisi lalu lintas.

 

6. Berhenti ketika mengantuk

Ketika sedang melakukan perjalanan di malam hari, pengemudi sebaiknya tidak memaksakan diri jika mengantuk, dan langsung menepi untuk beristirahat. Istirahat bisa dilakukan dengan tidur sejenak atau juga dengan minum kopi untuk membuat badan lebih rileks. Ketika kondisi sudah fit, pengendara bisa melanjutkan kembali perjalanan

“Pengendara juga harus memperhatikan kondisi tubuhnya. Jika sudah merasa lelah, maka pengendara diwajibkan untuk beristirahat di lokasi terdekat. Jangan memaksakan untuk tetap berkendara," ujar Hariadi.

"Kemudian bawalah perlengkapan seperti senter dan lampu peringatan bahaya jika suatu saat terjadi hal yang tidak terduga. Pastikan selalu berhati-hati dan waspada ketika berkendara dalam keadaan apa pun," pungkasnya. (Ifa/Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat