visitaaponce.com

Resmikan Listrik 24 Jam, PLN dan Pemda Wujudkan Penantian Masyarakat Pulau Nangka

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) berhasil mewujudkan listrik nyala 24 jam di Pulau Nangka guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di pulau tersebut.

Pada acara launching layanan nyala 24 jam, di Pulau Nangka, Senin (4/12), Senior Manajer Komunikasi, Keuangan dan Umum PLN UIW Babel Anton Wahyu Utomo yang mewakili General Manager PLN UIW Babel menyampaikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Pulau Nangka mulai dibangun konstruksinya pada April 2017.

"Permohonan pemasangan listrik disampaikan pada September 2016 melalui surat Gubernur Provinsi Kepulauan Babel. Bersamaan itu, PLN melakukan survei lokasi, mengurus perizinan, sampai Juni 2017 PLTD 2x100 kW Pulau Nangka mulai beroperasi dengan pola penyalaan 12 jam," kata Anton.

Baca juga: Tingkatkan Pemberdayaan UMKM, PLN Salurkan TJSL Program UKM Berdaya

Anton berterima kasih atas dukungan masyarakat Pulau Nangka, pemerintah desa, kecamatan, Pemkab Bangka Tengah, Pemprov Babel, dan pemerintah pusat. Kolaborasi ini memungkinkan PLN UIW Babel untuk mengoperasikan PLTD Pulau Nangka selama 24 jam sejak 30 November 2023.

Ia berharap masyarakat bersama-sama memelihara aset PLN agar kehandalan listrik dan keselamatan penggunaan listrik bisa terjaga.

"Saat ini masih sekitar 26% kapasitas PLTD yang terpakai, masih banyak yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan Pulau Nangka seperti, membuat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengelola hasil laut dan kebun dan membangun tempat wisata baru sehingga diharapkan sektor perekonomian, pendidikan, dan pariwisata di Pulau Nangka terus tumbuh dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat nantinya," ucap Anton.

Baca juga: Jaga Pasokan Listrik, PLN Dukung Kesuksesan Gelaran JPJR 2023 di Belitung Timur

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengapresiasi berbagai pihak yang berkontribusi pada proyek itu termasuk Kementerian ESDM dan anggota DPR Komisi VII Bambang Patijaya yang ikut berjuang di tingkat pusat.

Pada kesempatan itu, Bupati Bangka Tengah dan Yayasan Baitul Maal PLN UIW Babel juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat Pulau Nangka sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat