visitaaponce.com

Yuk Mengenal Empat Besaran Turunan

Yuk Mengenal Empat Besaran Turunan
Ilustrasi mengukur.(Antara/Aloysius Jarot Nugroho.)

BESARAN-besaran yang dapat diukur dibagi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Kali ini kita menbahas tentang besaran turunan. Disebut besaran turunan karena besaran-besaran tersebut dapat diturunkan dari besaran-besaran pokoknya. 

Misalnya, luas ruang kelas. Jika ruang kelas berbentuk persegi, luasnya merupakan hasil perkalian panjang dengan lebar. Perhatikan, bahwa panjang dan lebar merupakan besaran pokok panjang. Dalam SI, panjang diukur dengan satuan meter (m). Luas dalam SI memiliki satuan meter x meter, atau meter persegi (m2). 

Baca juga: Mengenal Makhluk Hidup Kelompok Protista, Monera, dan Jamur

Contoh besaran turunan yang lain ialah volume, konsentrasi larutan, dan laju pertumbuhan. Mari kita bahas satu per satu sebagaimana dilansir dari buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 1 dengan penulis ialah Wahono Widodo, Fida Rachmadiarti, dan Siti Nurul Hidayati.

Luas

Untuk benda yang berbentuk persegi, luas benda dapat ditentukan dengan mengalikan hasil pengukuran panjang dengan lebarnya. 

Baca juga: Tiga Besaran Pokok dalam Pengukuran dalam IPA

Volume

Misalnya, kamu mempunyai dua wadah, yakni kaleng besar dan kaleng kecil. Jika dipergunakan untuk menampung air, kaleng besar pasti dapat menampung air lebih banyak. 

Hal tersebut terkait dengan besarnya ruangan yang terisi oleh materi. Inilah yang biasanya disebut volume. Jika volume suatu benda lebih besar, benda itu dapat menampung materi lebih banyak dibandingkan benda lain yang volumenya lebih kecil. 

Baca juga: Yuk Mengenal Tujuh Besaran Pokok

Volume merupakan besaran turunan yang berasal dari besaran pokok panjang. Volume benda padat yang bentuknya teratur, contohnya balok, dapat ditentukan dengan mengukur terlebih dahulu panjang, lebar, dan tingginya, kemudian mengalikannya. 

Jika kamu mengukur panjang, lebar, dan tinggi balok menggunakan satuan sentimeter (cm), volume balok yang diperoleh dalam satuan sentimeter kubik (cm3). Jika, panjang, lebar, dan tinggi diukur dalam satuan meter (m), volume yang diperoleh satuannya meter kubik (m3).

Baca juga: Bagian-Bagian Mikroskop dan Cara Menggunakannya

Bagaimana cara menentukan volume suatu zat cair? Zat cair tidak memiliki bentuk yang tetap. Bentuk zat cair selalu mengikuti bentuk wadahnya. Oleh karena itu, jika zat cair dituangkan ke dalam gelas ukur, ruang gelas ukur yang terisi zat cair sama dengan volume zat cair tersebut. Volume zat cair dapat dibaca pada skala sesuai ketinggian
permukaan zat cair di dalam gelas ukur tersebut. 

Dalam kehidupan sehari-hari, volume zat cair biasanya dinyatakan dalam satuan mililiter (mL) atau liter (L).

Baca juga: Belajar Klasifikasi Makhluk Hidup, Takson, Kunci Determinasi

a. 1 L = 1 dm3.

b. 1 L = 1.000 mL.

c. 1 mL = 1 cm3.

Konsentrasi larutan

Misalnya, kamu membuat larutan gula dengan memasukkan gula ke dalam air, kemudian kamu cicipi. Jika kurang manis, kamu dapat menambahkan gula lagi. Makin banyak gula yang ditambahkan, makin manis rasa larutan itu.

Baca juga: Tujuh Ciri Makhluk Hidup, Apa Saja? 

Selain rasa manis yang bersifat kualitatif (hasil indra pengecap), adakah besaran yang dapat digunakan untuk menggambarkan banyaknya gula dan air di dalam larutan tersebut? Salah satu besaran yang dapat digunakan adalah konsentrasi larutan (K). 

Ada banyak cara untuk merumuskan konsentrasi larutan. Pada contoh larutan tersebut, konsentrasi dapat dirumuskan sebagai massa gula (zat terlarut) dibagi volume air (zat pelarut).

K =  massa gula (zat terlarut) : volume air (zat pelarut).

Laju pertumbuhan

Besaran panjang dan waktu dapat digunakan untuk menentukan pertumbuhan tanaman. Misalkan, kamu menanam jagung. Pada pengukuran awal, diperoleh tinggi tanaman 20 cm. Dalam waktu 10 hari, tingginya menjadi 60 cm.

Laju pertumbuhan = pertambahan tinggi : selang waktu.

Dalam contoh di atas, laju pertumbuhan = (60-20 cm) : 10 hari = 4 cm/hari. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat