visitaaponce.com

Proses Penyelidikan Ilmiah IPA dan Hasil Kumpulan Pengetahuannya

Proses Penyelidikan Ilmiah IPA dan Hasil Kumpulan Pengetahuannya
Sampul buku IPA.(DOK Kemendikbud.)

BANYAK benda yang ada di sekitarmu dapat dipelajari melalui mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). IPA adalah ilmu tentang segala sesuatu yang ada di sekitarmu.

Para ilmuwan atau scientist mempelajari hal-hal yang terjadi di sekitarmu dengan cara melakukan serangkaian penelitian dengan sangat cermat dan hati-hati. Dengan cara seperti itu, para ilmuwan dapat menjelaskan sesuatu dan alasan sesuatu yang ada di alam sekitar dapat terjadi serta memperkirakan sesuatu yang terjadi saat ini maupun saat yang akan datang. 

Hasil temuan mereka dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan hidup manusia. Hasil temuan dalam bidang teknologi yang ada di alam sekitar seperti komputer, televisi, biji jagung hibrida, pupuk, dan sebagainya.

Baca juga: Tiga Besaran Pokok dalam Pengukuran dalam IPA 

Penyelidikan ilmiah IPA melibatkan sejumlah proses yang harus dikuasai. Proses tersebut dipaparkan buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP Kelas VII semester 1 dengan penulis Wahono Widodo, Fida Rachmadiarti, dan Siti Nurul Hidayati dan penyelia penerbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Pengamatan atau observasi

Pengamatan menggunakan pancaindra, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi. 

Baca juga: Pelajari Tujuh Hewan ini yang Punya Ciri Khusus

Membuat inferensi

Inferensi merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan. Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau
hubungan antaraspek yang diamati dan membuat perkiraan. 

Mengomunikasikan

Mengomunikasikan hasil penyelidikan baik lisan maupun tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.

Baca juga: Macam-Macam Gerak Tumbuhan dari Endonom, Higroskopis, sampai Esionom

Keterampilan melakukan pengamatan dan mencoba menemukan hubungan-hubungan yang diamati secara sistematis seperti yang telah kamu lakukan sangatlah penting. Dengan keterampilan ini, kamu dapat mengetahui cara mengumpulkan fakta dan menghubungkan fakta-fakta untuk membuat suatu penafsiran atau kesimpulan.

Pada saat ini, penyelidikan tentang alam telah menghasilkan kumpulan pengetahuan yang demikian kompleks. Untuk memudahkan, pengetahuan-pengetahuan tersebut digolongkan menjadi empat.

Baca juga: Cara Tumbuhan Melindungi Diri dari Musuhnya

1. Fisika mempelajari tentang aspek mendasar alam, misalnya materi, energi, gaya, gerak,panas, cahaya, dan berbagai gejala alam fisik lain.

2. Kimia meliputi penyelidikan tentang penyusun dan perubahan zat.

3. Biologi mempelajari tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran renik sampai dengan lingkungan yang sangat luas.

4. Ilmu Bumi dan antariksa mempelajari asal mula Bumi, perkembangan dan keadaan saat ini, bintang-bintang, planet-planet, dan berbagai benda langit lain. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat