visitaaponce.com

Cara Tumbuhan Melindungi Diri dari Musuhnya

Cara Tumbuhan Melindungi Diri dari Musuhnya
Petani memanen bunga mawar di Kota Batu. Bunga mawar memiliki duri pada batangnya.(MI/Bagus Suryo.)

TUMBUHAN merupakan makhluk hidup yang memiliki berbagai cara untuk melindungi dirinya sendiri. Perlindungan ini dilakukan agar serangan dari makhluk hidup lainnya dapat dihindari.

Berikut ini kami bagikan cara-cara tumbuhan melindungi dirinya.

Melindungi diri dengan duri

Duri pada tumbuhan biasanya berada di batang atau buah. Duri tumbuhan sangat efektif untuk mencegah hewan pemangsa tumbuhan.

Melindungi diri dengan racun

Racun yang dikeluarkan tumbuhan dapat membuat hewan yang memangsa dirinya akan menjauh dan mati. Contoh tumbuhan yang mengeluarkan racun untuk melindungi dirinya adalah pohon jarak dan kecubung.

Baca juga: Empat Tumbuhan yang Punya Ciri Khusus sesuai Lingkungan

Melindungi diri dengan getah

Getah pada tumbuhan adalah cairan yang lengket yang bisa menyebabkan gatal jika disentuh dan terasa pahit jika termakan. Contoh tumbuhan yang mengeluarkan getah adalah bunga kamboja, pohon sawo, pohon karet, pohon nangka, pohon labu, pohon manggis, dan pohon papaya.

Melindungi diri dengan bau yang menyengat

Bau ini sengaja dikeluarkan oleh tumbuhan supaya makhluk hidup lain enggan untuk mendekat. Bau menyengat ini akan sangat mengganggu, seperti aroma busuk yang bisa tercium dalam jarak dekat hingga jauh.

Baca juga: Tiga Besaran Pokok dalam Pengukuran dalam IPA

Melindungi diri dengan cangkang keras

Cangkang keras ini berfungsi agar buah tidak dapat dimakan atau sulit dimakan. Contoh tumbuhan yang memiliki cangkang kerasa adalah buah kelapa, kelapa sawit, dan biji mahoni.

Melindungi diri dengan memasang jebakan

Jebakan ini adalah perangkap untuk makhluk hidup lain saat mereka menyentuh atau mendekat. Saat sudah terjebak di dalam jebakan tersebut, tumbuhan tersebut akan menyantap makhluk hidup yang terperangkap.

Melindungi diri dengan rasa yang tidak enak

Rasa yang tak enak ini berupa rasa pahit hingga asam. Contoh tanaman yang melindungi diri dengan rasa yang tidak enak adalah belimbing, singkong, pare, hingga daun pepaya.

Melindungi diri dengan rambut atau bulu halus

Rambut atau bulu halus ini berfungsi sebagai cara tumbuhan melindungi diri. Beberapa rambut atau bulu halus pada tumbuhan bisa memicu rasa gatal pada kulit sehingga kita jadi enggan menyentuhnya.

Melindungi diri dengan berkamuflase

Cara tumbuhan melindungi diri dengan berkamuflase adalah dengan memiliki warna yang sama dengan lingkungan di sekitarnya sehingga bisa mengecoh penglihatan. Contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan berkamuflase adalah lithops yang merupakan salah satu jenis kaktus.

Melindungi diri dengan menguncupkan daun

Ada beberapa tumbuhan yang bergerak menguncupkan daunnya sebagai bentuk pertahanan diri. Contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan menguncupkan daunnya adalah puteri malu, pohon sutera, hingga pohon hujan atau samanea saman. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat