visitaaponce.com

24 Kloter Kuota Tambahan Haji Tiba Lewat Madinah Hari Ini Hingga 23 Juni

24 Kloter Kuota Tambahan Haji Tiba Lewat Madinah Hari Ini Hingga 23 Juni
Terminal Haji Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah.(MCH 2023)

JEMAAH haji Indonesia kuota tambahan diterbangkan ke Arab Saudi melalui Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah. Mereka hanya lewat di Madinah dan kemudian langsung diberangkatkan ke Mekkah.

Kloter perdana kuota tambahan itu dijadwalkan tiba di Bandara AMAA Madinah, Kamis (15/6), pukul 12.45 waktu Arab Saudi (WAS).

"Karena traffic (lalu lintas) di Bandara Jeddah sudah padat, untuk kuota tambahan ini diarahkan ke Bandara Madinah," ujar Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Haryanto, Rabu (14/6).

Baca juga: Jemaah Haji Gelombang Satu Tuntas Masuk Raudhah

Kuota tambahan haji mencakup 8.000 jemaah. Haryanto menerangkan, para jemaah tersebut dibagi menjadi 24 kelompok terbang (kloter). Namun penerbangan kemungkinan hanya berjumlah 20 penerbangan.

"Sisa 4 kloter lainnya kemungkinan akan digabungkan menjadi satu, di akhir penerbangan," imbuh Haryanto.

Baca juga: Indonesia Usulkan Empat Peningkatan Layanan Jemaah Haji kepada Arab Saudi

Kedatangan jemaah haji kuota tambahan ini berlangsung pada15-23 Juni 2023. Berbeda dengan gelombang satu dan gelombang kedua, kedatangan jemaah haji kuota tambahan ini tidak banyak.

"Dalam sehari, penerbangan berkisar satu atau dua penerbangan. Untuk kedatangan terakhir pada 23 Juni 2023 pukul 00.25 WAS," ungkap Haryanto.

Penerimaan jemaah haji kuota tambahan di Bandara AMAA pun akan berlangsung singkat. Setibanya di bandara, jemaah haji akan menjalani pemeriksaan di imigrasi. Setelah itu, mereka diarahkan langsung menuju bus.

"Jadi seperti jalur fast track. Keberadaan mereka di bandara sangat singkat dan langsung menuju bus melalui Terminal Internasional," terang Haryanto.

Para jemaah haji, lanjutnya, kemudian akan diboyong ke Masjid Bir Ali untuk beristirahat dan mengambil miqat dalam rangka melaksanakan ihram.

"Di Bir Ali sekitar satu jam untuk istirahat dan mengambil miqat. Selanjutnya, jemaah akan didorong ke Mekah untuk menjalankan umrah wajib," tandas Haryanto.

Dengan kuota tambahan 8.000, jumlah jemaah haji Indonesia dalam penyelenggaraan haji 1444 H/2023 menjadi 229 ribu jemaah. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat