visitaaponce.com

Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ Gelar Psikoedukasi Sekolah Ramah Anak

Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ Gelar Psikoedukasi Sekolah Ramah Anak
Kegiatan Psikoedukasi Sekolah Ramah Anak (SRA) dosen Pendidikan Psikologi UNJ di Bogor, Jawa Barat.(DOK UNJ)

DALAM rangka kegiatan pengabdian masyarakat, tim dosen Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan Psikoedukasi Sekolah Ramah Anak (SRA) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Manba'ul Islamiyah, Tanjung Sari, Bogor, Senin (19/6). Diharapkan kegiatan ini memberi  dampak positif jangka panjang bagi anak-anak khususnya siswa di MI Manba'ul Islamiyah.   

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Komitmen Sekolah Menuju Sekolah Ramah Anak (Komitmen MeSRA) oleh para guru dan kepala MI Manba'ul Islamiyah. Hal ini mencerminkan tekad mereka untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh dalam kegiatan sehari-hari di sekolah.

"Kami merasa sangat bersemangat melihat antusiasme dan komitmen yang ditunjukkan oleh para guru MI Manba'ul Islamiyah. Penandatanganan komitmen ini merupakan langkah penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak," ungkap Fitri Lestari Issom, Ketua tim Fakultas dari UNJ dalam keterangan yang diterima, Kamis (22/6).

Dikatakan, pssikoedukasi SRA bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru dalam menciptakan lingkungan sekolah yang ramah bagi anak-anak. "Kegiatan ini meliputi serangkaian workshop, diskusi, dan simulasi praktik yang dirancang khusus untuk membekali guru dengan strategi dan pengetahuan psikologis yang relevan dalam merespons dan memenuhi kebutuhan anak-anak di lingkungan sekolah," jelasnya.

Kegiatan psikoedukasi yang diikuti 20 guru dari MI Manba'ul Islamiyah, dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan II FPPsi UNJ. Tim UNJ terdiri dari tiga dosen yaitu Fitri Lestari Issom, Ratna Dyah Suryaratri dan Reny Rustyawati serta dua orang mahasiswa, Rizkia Putri Amalia dan Salsabila Athirah.

Selama kegiatan para peserta diajak untuk memahami pentingnya konvensi hakanak serta perintisan sekolah ramah anak dengan pendekatan yang responsif dan peduli terhadap kebutuhan anak-anak dalam lingkungan sekolah. Mereka juga diberikan pengetahuan tentang pengenalan dan penanganan masalah umum dalam perkembangan anak serta teknik-teknik pendekatan yang dapat digunakan dalam memberikan dukungan psikososial kepada anak-anak di sekolah.

Kepala MI Manba'ul Islamiyah, Muhamad Faijul Zaman menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kegiatan ini. Ia berharap pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh oleh para guru akan membawa perubahan yang nyata dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di MI Manba'ul Islamiyah. (RO/R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat