visitaaponce.com

SOC-99 Akhiri Kedatangan Jemaah Haji di Madinah

SOC-99 Akhiri Kedatangan Jemaah Haji di Madinah
Terminal kedatangan jemaah haji Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz(Dok. MCH 2023)

KEDATANGAN jemaah haji kuota tambahan ke Bandara Internasional Amir Mohammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah berakhir pada hari ini, Jumat (23/6/2023), pukul 01.05 waktu Arab Saudi.

Jemaah haji kelompok terbang (kloter) 99 embarkasi Solo Yogyakarta (SOC-99) menjadi penutup kedatangan kuota tambahan ke Bandara Madinah. Kloter tersebut mengangkut 306 jemaah haji.

Sekretaris Daerah Kerja Ad Hoc Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Suparno mengatakan total kuota tambahan yang tiba di Arab Saudi lewat Madinah sebanyak 13 kloter. Kedatangan kuota tambahan tersebut mulai 15 Juni lalu.

"Jumlah jemaah haji mencapai 4.103 orang," tutur Suparno, di Bandara AMAA, Jumat.

Baca juga : Jutaan Orang Tunaikan Ibadah Haji di Tengah Cuaca Panas Arab Saudi

Suparno menilai seluruh kedatangan jemaah haji kuota tambahan di Madinah berlangsung dengan lancar. Tidak ada kejadian yang menonjol seperti ketinggalan paspor atau kehilangan paspor. Bagasi jemaah haji pun tidak ada yang tertukar.

Kendati begitu, terdapat empat jemaah haji yang harus mendapatkan perawatan intensif. Keempat jemaah tersebut, dirawat di Rumah Sakit Mouassas, Madinah.

Baca juga : Jelang Puncak Haji, PPIH Dirikan Pos Kesehatan Utama dan Satelit di Armina

Ketiga belas kloter jemaah haji hanya transit satu malam di Madinah. Keesokan harinya, jemaah haji diberangkatkan ke Mekkah untuk melaksanakan umrah wajib. Mereka memgambil miqat di Masjid Bir Ali, sekitar 11 km dari Masjid Nabawi untuk melaksanakan ihram.

Sementara itu, tiga kloter jemaah kuota tambahan yakni kloter 87-88 embarkasi Surabaya (SUB-87, SUB-88), dan kloter 34 embarkasi Batam Hang Nadim (BTH-34) akan tiba di Bandara King Abdul Aziz (KAA) Jeddah, esok Sabtu dini hari. Ketiga kloter itu menjadi penutup kedatangan seluruh jemaah haji reguler asal Indonesia. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat