visitaaponce.com

Tidak Ada Jemaah Haji Tanah Air yang Wafat saat Prosesi Muzdalifah

Tidak Ada Jemaah Haji Tanah Air yang Wafat saat Prosesi Muzdalifah
Ilustrasi(Antara)

Pos Kesehatan (poskes) Muzdalifah melaporkan tidak ada jemaah haji asal Indonesia yang meninggal dunia selama masa masa Muzdalifah. Kendati demikian, ada 163 jemaah haji sakit yang sempat dirawat dan merujuk 10 orang d antara mereka ke Rumah Sakit Arab Saudi.

"Poskes Muzdalifah telah merawat 163 jemaah haji sakit dan merujuk 10 jemaah ke RSAS. Alhamdulillah tidak ada jemaah haji wafat selama prosesi Muzdalifah," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Liliek Marhaendro Susilo dalam keterangannya, Minggu (2/6).

Poskes Muzdalifah beroperasi pada 9 Dzulhijah pukul 18.00 Waktu Arab Saudi. Mereka menyiapkan 11 pos kesehatan dengan total 51 tenaga medis.

Baca juga: Fase Mina Berakhir, 73,75 Persen Jemaah Lakukan Nafar Awal

Mereka tidak hanya bertugas merawat jemaah yang sakit, tetapi juga membantu memobilisasikan bantuan air minum dan kurma melalui 10 ambulans ke Muzdalifah.

"Tim Kesehatan bertugas di Muzdalifah hingga 10 Dzulhijah pukul 15.00 WAS. Tim kesehatan meninggalkan Muzdalifah setelah seluruh jemaah bergerak ke Mina dan mengevakuasi jemaah haji sakit ke Pos Kesehatan Mina," ujarnya.

Baca juga: Kemenag RI Dinilai Cukup Gigih Perjuangan Hak Jemaah Hajinya

Tenaga Kesehatan baru meninggalkan Muzdalifah setelah memastikan tidak ada lagi jemaah tertinggal dan seluruh jemaah haji sakit dievakuasi ke Pos Kesehatan Mina. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat