visitaaponce.com

Kemenag Koper Berisi Air Zamzam akan Dibongkar

Kemenag: Koper Berisi Air Zamzam akan Dibongkar
Ilustrasi warga membawa jeriken berisi air zamzam.(MI/Adam Dwi)

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H Subhan Cholid mengingatkan jemaah haji untuk tidak mencoba-coba memasukkan air Zamzam ke koper. Pasalnya, di bandara Arab Saudi, koper tersebut akan diperiksa dan dibongkar. Petugas bandara pasti akan mengetahui jemaah haji yang membawa air zam-zam dan mengeluarkannya dari koper.

"Jangan masukkan air Zamzam ke koperkarena pasti akan terdeteksi yang berakibat dibongkar dan dikeluarkan airnya. Ini sudah menjadi ketentuan penerbangan," tegas Subhan Cholid di Mekkah, Minggu (2/7).

Saat ini, penyelenggaraan haji sudah masuk tahap pemulangan jemaah. Kelompok terbang (kloter) awal akan kembali ke Tanah Air mulai 4 Juli 2023. Dua hari sebelum kepulangan, petugas melakukan proses penimbangan bagasi, yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan melalui x-ray.

Baca juga: Jemaah Haji Lansia Diusulkan bisa Pulang Lebih Awal

"Dari hasil pemeriksaan hari ini, rata-rata terdapat 30% sampai 40% jemaah yang memasukkan air Zamzam ke koper. Koper dibongkar untuk dikeluarkan airnya. Itu cukup mengganggu dalam proses x-ray barang jemaah," jelas Subhan.

Jika tanpa pembongkaran, ia mengatakan proses pemeriksaan bagasi setiap kloter bisa selesai dalam satu jam. Namun, jika harus membongkar koper, prosesnya bisa memakan waktu sampai 3 jam per kloter.

Baca juga: Layanan Haji Banyak Masalah, DPR akan Panggil Kemenag

Sebagai gantinya, Subhan mengatakan seluruh jemaah haji akan mendapat lima liter air Zamzam yang akan dibagikan saat tiba di Asrama Haji Debarkasi di Tanah Air.

Sesuai aturan penerbangan, lanjut Subhan, ada sejumlah barang yang dilarang dibawa selama penerbangan, yaitu barang yang mudah terbakar/ meledak, senjata api dan senjata tajam, gas, aerosol, dan cairan melebihi 100ml, uang lebih dari Rp100 juta atau 25 ribu riyal Arab Saudi, dan air Zamzam. (Z-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat