visitaaponce.com

UniversitiKebangsaan Malaysia Jalin Kerja Sama dengan Unpad dan UPI

Universiti Kebangsaan Malaysia Jalin Kerja Sama dengan Unpad dan UPI                       
Acara penandatanganan MoU antara Universiti Kebangsaan Malaysia, Unpad, dan UPI di Jakarta, Selasa (18/7).(Ist)

UNIVERSITI Kebangsaan Malaysia (UKM) menandatangani dua memorandum of understanding (MoU) dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) dan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, Universitas Pendidikan Indonesia (FPBSI UPI) untuk menjalin kerja sama antara Pusat Pembentukan Pendidikan Lanjutan & Profesional (UKMShape) dengan PT Tracol Asia Indonesia.

Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan di Jakarta, Selasa (18/7), yang dihadiri Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia, Dato’ Seri Mohamed Khaled Nordin bersama Kementerian Pendidikan Tinggi (KPT) dalam meningkatkan kerja sama di antara Institusi Pendidikan Tinggi (IPT) di Malaysia dan Indonesia, yang turut melibatkan beberapa IPT lain dari Malaysia.

Hadir juga dalam acara tersebut Duta Besar Malaysia untuk Indonesia,Dato’ Syed Md Hasrin Tengku Hussin @ Syed Hussin, Ketua Pengarah Jabatan Pendidikan Tinggi, Prof. Dr. Azlinda Azman, Naib Canselor UKM, Prof. Dato’ Gs. Ts. Dr. Mohd Ekhwan Toriman, Plt. Direktur Jenderal PendidikanTinggi Kemendikbudristek RI Prof. Ir. Nizam. 

Baca juga: Dosen Unpad Kembangkan Alat Inseminasi Buatan Praktis dan Sederhana

Dalam keterangan di Jakarta, Rabu (19/7), Naib Canselor UKM, Prof. Dato’ Mohd Ekhwan Toriman mengatakan, kerja sama antara UKM dengan Unpad telah berjalan selama 17 tahun yang berawal dengan dengan program kerja sama ijazah dokter UKM-Unpad pada tahun 2006-2007.

“Program ini dijalankan selama enam tahun, iaitu tiga tahun pertama proses pembelajaran dijalankan di Unpad dan tiga tahun kedua akan dijalankan di UKM dari program ini mahasiswa akan menerima dua ijazah yaitu sarjana kedokteran dari Unpad dan Ijazah Doktor Perubatan dari UKM,” jelasnya.

UKM dan UPI Kerja Sama Program Bahasa dan Sastra Inggris

Rektor UPI, Prof Solehuddin menyambut baik adanya kerjasama ini dan ini sejalan dnegan program Kemendikbudristek RI. Kerja sama awal yang dilakukan antara UPI dan UKM khususnya dalam program Bahasa dan Sastra Inggris diharapkan kedepannya bisa diperluas untuk kerjsama dalam program lainnya.

Baca juga: UPI Dinilai Sukses Gelar Lomba Inovasi Digital Mahasiswa 2023

“Melalui program dua negeri ini Insya Allah mahasiswa bisa mendapatkan dua ijazah, Ijaxah di UPI dan UKM melalui satu program," kata Prof.Solehuddin.

"Ini sangat bagus karena memberikan pengalaman kepada para mahasiswa. Mendapatkan kekayaan pengalaman karena dalam satu program mendapatkan pengalaman belajar di UPI dan di UKM juga bagus untuk standarisasi internasional,” lanjutnya.

Baca juga: Kiat Sukses Kembangkan Bisnis Menggunakan Media Sosial

Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad, Prof Yanyan Mochamad Yani mengatakan, tentu menyambut baik kerjasama Unpad dan UKM yang telah berjalan sejak 17 tahun lalu. Dalam kerjasama saat ini, Unpad mulai Juli 2023 ini  menyiapkan bidang spesialis.

“Kita akan secara bertahap nanti akan ada yang disebut dengan unicredit, unicezit, itu adalah beberapa mata kuliah yang ada di kampus UKM begitu juga sebaliknya ada di Unpad,” lanjutnya. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat