visitaaponce.com

Kapan Puasa Tasua dan Asyura 2023 Simak Niat dan Jadwalnya

Kapan Puasa Tasua dan Asyura 2023? Simak Niat dan Jadwalnya
Niat puasa Tasua dan Asyura(Freepik)

DALAM berbagai riwayat hadis, Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada para sahabat dan umat Islam untuk melaksanakan berbagai jenis puasa sunnah. Meskipun puasa-puasa ini tidak wajib, namun mereka memiliki keutamaan dan pahala yang berlipat ganda.

Salah satu contohnya adalah puasa di bulan Syawal. Jika Anda melaksanakan puasa Syawal selama bulan tersebut, pahala yang akan diberikan oleh Allah SWT setara dengan puasa selama satu tahun penuh.

Puasa Tasua adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 Muharram. Puasa ini dilakukan sebagai persiapan untuk puasa Asyura yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram.

Baca juga: Niat Puasa 1 Muharram Arab, Latin, dan Arti, serta Keutamaannya

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa, "Wahai Rasulullah, tanggal 10 Muharram digunakan dan diagungkan oleh Yahudi dan Nasrani." Rasulullah menjawab, "Jika datang tahun depan, Insyaallah kita akan berpuasa pada tanggal 9 Muharram." Namun, Rasulullah SAW meninggal sebelum memasuki bulan Muharram tahun depan.

Sementara Puasa Asyura adalah puasa sunnah yang dilakukan setiap tanggal 10 di bulan Muharram. Kata "Asyura" berasal dari kata 'asyrah yang berarti sepuluh, dan bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang mulia yang disebut oleh Rasulullah SAW sebagai "Syahrullah al-Muharram" (bulan Allah Muharram).

Baca juga: Tata Cara dan Niat Doa Puasa Tasua dan Puasa Asyura di Bulan Muharram

Puasa Asyura merupakan puasa yang dilakukan oleh para nabi dan umat-umat sebelum turunnya wahyu kepada Rasulullah SAW. Terdapat hadis yang menjelaskan bahwa "Hari Asyura adalah hari di mana orang-orang Quraisy berpuasa pada masa jahiliyah, dan Nabi Muhammad juga berpuasa pada hari Asyura. Ketika beliau tiba di Madinah, beliau melaksanakan puasa dan memerintahkan umat Islam untuk berpuasa pada hari itu. Namun, ketika wajib berpuasa di bulan Ramadhan ditetapkan, umat Islam beralih untuk berpuasa di bulan Ramadhan dan meninggalkan puasa Asyura. Tetapi, bagi siapa yang ingin berpuasa, ia boleh melakukannya, dan bagi yang ingin berbuka, ia boleh melakukannya." (HR. Bukhari Muslim dari Aisyah RA).

Jadwal puasa Tasu'a tahun 2023 jatuh pada tanggal 10 Muharram 1444 H, yang jika mengacu pada penanggalan biasa akan jatuh pada tanggal 27 Juli 2023. Pada tanggal tersebut, Anda dapat melaksanakan puasa Tasu'a yang bersifat sunnah atau tidak wajib.

Puasa Asyura dilaksanakan secara berurutan dengan puasa Tasua. Oleh karena itu, puasa Asyura tahun 2023 akan jatuh pada tanggal 28 Juli 2023, atau tanggal 10 Muharram 1445 H. Anda dapat melaksanakan puasa Tasu'a dan Asyura secara berurutan pada tanggal 9-10 Muharram.

Niat Puasa Tasua


نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُوعَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma Taasuu'aa-a lilaahi ta'aalaa."
Artinya: “Saya niat puasa Tasua karena Allah ta'ala.”

Niat Puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُورَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma aasyuuraa-a lilaahi ta'aalaa."
Artinya: “Saya niat puasa Asyura karena Allah ta'ala.”

(Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat