visitaaponce.com

Bacaan Niat Sahur Puasa Ramadan dan 5 Hikmahnya Menurut Ajaran Rasulullah SAW

Bacaan Niat Sahur Puasa Ramadan dan 5 Hikmahnya Menurut Ajaran Rasulullah SAW 
Niat sahur puasa Ramadan(Freepik)

MENJALANI sahur saat bulan Ramadan atau Ramdahan sangat disarankan bagi umat Muslim yang berencana untuk berpuasa. Selanjutnya, bagaimana caranya membaca niat sahur dan doa puasa Ramadan?

Rasulullah SAW menyatakan bahwa sahur memiliki banyak berkah, sebagaimana terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, sebagai berikut:



وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم السحور كله بركة فلا تدعوه ولو أن يجرع أحدكم جرعة من ماء فإن الله عز و جل وملائكته يصلون على المتسحرين

 

Maknanya: Abu Sa'id Al-Khudri ra melaporkan bahwa Rasulullah SAW pernah menyatakan, 'Sahur memiliki berkah yang sangat besar. Maka, tetaplah memperhatikannya, bahkan dengan tindakan sekecil meminum segelas air, karena Allah dan para malaikat memberikan keberkahan kepada mereka yang melaksanakan sahur.' (HR. Ahmad)

Baca juga : Hafalkan! Bacaan Niat Puasa Ramadan dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya

Orang yang bersiap untuk makan sahur juga disarankan untuk mengucapkan doa. Berikut merupakan niat puasa Ramadan dan doa sahur yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Bacaan Niat Sahur

Melaksanakan sahur merupakan salah satu praktik yang dianjurkan sebelum memulai puasa Ramadan. Disarikan dari karya "Taudhihul Adillah: Penjelasan tentang Dalil-dalil Zakat, Puasa, Haji, dan Jenazah" yang ditulis oleh KH M Syafi'i Hadzami, sebelum melaksanakan sahur, disarankan bagi umat Islam untuk dengan sungguh-sungguh memastikan niat untuk menjalankan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut adalah formulasi niat untuk makan sahur:

Baca juga : Doa Niat Puasa Sunah di Bulan Rajab Sekaligus Ganti Utang Puasa Ramadan

 

نَوَيْتُ بِأَكْلِ سُنَّةَ السُّحُوْرِ اتَّبَاعًا لِنَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ ﷺ

 

Nawaitu baa akli sunnatassuhuuri ittibaa'an li nabiyyina muhammadin shalallahu'alaihi wassalam.


Artinya:  Saya berniat untuk makan sahur, mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW.

Baca juga : Bacaan Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh dan setiap Malam

Doa Sebelum Makan Sahur: 

Dianjurkan juga untuk mengucapkan doa yang telah diajarkan ketika akan menikmati hidangan sahur: 

 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
 

Arab Latin: Allahumma baariklanaa fiimaarazaktanaa waqinaa 'adzaabannaar.

Baca juga : Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh dan setiap Malam

"Ya Allah, berilah berkah pada rezeki yang Engkau berikan kepada kami, dan lindungilah kami dari siksa neraka."

 

Doa Saat Menyantap Hidangan Sahur Ramadan:
 

Rasulullah SAW juga mengajarkan doa yang dibaca saat menyantap hidangan sahur:

Baca juga : Bacaan Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Yarhamullâhul mutasahhirîn.

"Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur."

 

Baca juga : Menag Yaqut Tetapkan 1 Ramadan 2024 Selasa 12 Maret

Doa ini disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana yang diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid. Dalam riwayat tersebut disebutkan bahwa Rasulullah SAW menyatakan,

 

وروي عن السائب بن يزيد رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم نِعْمَ السَّحُوْرُ التَّمْر وَقَالَ يَرْحَمُ اللهُ الْمُتَسَحِّرِيْنَ
 

"Hidangan sahur yang terbaik adalah kurma," sambil berdoa, "Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang sahur."Bacaan Niat Puasa Ramadhan:

Baca juga : Panduan Mandi Besar untuk Puasa Ramadan: Niat, Tata Cara, dan Waktu yang Tepat

Berikut adalah bacaan niat puasa Ramadhan: 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هٰذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى
 

Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i fardli syahri Ramadlâni hâdzihis sanati lillâhi ta'âlâ

"Aku berniat berpuasa esok hari, untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Baca juga :  Raisa Ajak Jaga Kesehatan Kulit dan Penampilan saat Puasa Ramadan

Doa Setelah Makan Sahur:

Usai menyantap sahur, disarankan bagi umat Muslim untuk membaca pujian yang diajarkan. Inilah bacaan doanya: 


الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلْنَا مُسْلِمِينَ
 

Alhamdulillahi alladhi ath'amana wa saqana wa ja'alnaa muslimiin

"Segala puji bagi Allah, yang memberikan rezeki makanan dan minuman kepada kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang yang beriman." (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi dari Abi Sa'id Al-Khudri)

Baca juga : Kapan Jadwal Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan 2024?

 

Kapan Waktu Membaca Niat Puasa Ramadan?

Niat untuk berpuasa sebaiknya diucapkan pada malam hari, mulai dari terbenamnya matahari hingga terbitnya fajar. Menurut Mazhab Syafii, niat puasa Ramadan harus diucapkan setiap malam, dan letaknya berada di dalam hati.

Demikianlah bacaan niat puasa pertama di bulan Ramadan, beserta waktu yang tepat untuk mengucapkannya. 

Baca juga : Menyambut Ramadan dengan Kuliner Istimewa di Wyl's Kitchen Pakubuwono

Hikmah Makan Sahur

Sahur, sebuah tradisi yang dijalani oleh umat Islam sebelum memasuki bulan Ramadhan, memiliki hikmah dan keutamaan yang mendalam. Tidak sekadar menjalankan kebiasaan, sahur mengandung makna spiritual, kesehatan, dan kebersamaan. Mari kita eksplorasi bersama hikmah-hikmah yang terkandung dalam tradisi bersehur.

  1. Ketaatan pada Sunnah Rasulullah SAW: Sahur adalah bagian dari sunnah Rasulullah SAW, yang menganjurkan umat Islam untuk melakukan sahur sebelum menjalani puasa. Dalam melakukan sahur, umat Muslim mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW, meneladani tindakan yang penuh berkah dan mendapatkan petunjuk hidup yang sejalan dengan ajaran agama.
  2. Menguatkan Ketahanan Tubuh: Sahur memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mendapatkan nutrisi dan energi yang cukup sebelum berpuasa sepanjang hari. Pangan yang sebaiknya dikonsumsi pada waktu sahur seharusnya mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan serat, agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal selama berpuasa. Dengan menjaga keseimbangan nutrisi, sahur membantu menjaga kesehatan dan kebugaran fisik selama bulan Ramadan.
  3. Ujian Kesabaran dan Kendali Diri: Menahan diri untuk tidak mengejar waktu tidur dan bangun di tengah malam untuk sahur menjadi ujian kesabaran dan kendali diri. Saat sahur, umat Muslim belajar untuk mengatur pola makan dan tidur, mengasah kemampuan untuk mengendalikan nafsu dan keinginan.Pemahaman ini memberikan pengajaran berharga untuk mencapai pengendalian diri yang lebih baik dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.
  4. Kebersamaan dan Solidaritas: Sahur seringkali menjadi momen berharga di mana keluarga dan komunitas berkumpul untuk menyantap hidangan bersama. Kebersamaan ini tidak hanya memperkuat ikatan keluarga, tetapi juga menciptakan atmosfer solidaritas di antara sesama Muslim. Momen sahur bisa menjadi waktu untuk berbagi cerita, tertawa bersama, dan membangun kebersamaan yang lebih dalam.
  5. Peningkatan Kualitas Ibadah: Kualitas ibadah juga terangkat melalui pelaksanaan sahur selama bulan Ramadhan. Dengan tubuh dan pikiran yang terjaga, umat Muslim dapat lebih memusatkan perhatian pada pelaksanaan ibadah seperti shalat, membaca Al-Qur'an, dan berdzikir. Kesadaran spiritual yang muncul melalui sahur turut berperan dalam meningkatkan mutu ibadah serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Manfaat Sahur bagi Kesehatan

Sahur bukan sekadar ritual harian sebelum berpuasa, tetapi merupakan bagian integral dari ibadah selama bulan suci Ramadhan. Hikmah dan keutamaan sahur membentuk fondasi bagi umat Muslim untuk menjalani bulan Ramadhan dengan penuh keberkahan, kesehatan, dan kebersamaan. Melalui tradisi sahur, umat Islam memperoleh nilai-nilai yang membimbing mereka menuju perjalanan spiritual yang lebih mendalam dan bermakna.

Sahur memiliki berbagai manfaat yang signifikan bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Berikut adalah beberapa manfaat sahur bagi kesehatan:

Baca juga : Ini Tips Menghindari Asupan Kalori Berlebih Saat Bulan Puasa

  • Menjaga Keseimbangan Energi dan Nutrisi:

    • Sahur memberikan kesempatan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Hal ini membantu menjaga keseimbangan nutrisi selama berpuasa seharian.

  • Mencegah Hipoglikemia:

    Baca juga : Obesitas Bisa Dicegah dengan Mindful Eating

    • Makan sahur membantu mencegah penurunan kadar gula darah (hipoglikemia) selama berpuasa. Pemilihan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat memberikan pasokan energi yang stabil selama berpuasa.

  • Menjaga Kesehatan Lambung:

  • Peningkatan Metabolisme:

    • Makan sahur dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, membantu pembakaran kalori dan pemeliharaan berat badan yang sehat selama bulan Ramadhan.

  • Pencegahan Dehidrasi:

    Baca juga : Langkah-Langkah Efektif Atasi Obesitas

    • Meminum air saat sahur membantu mencegah dehidrasi selama berpuasa. Tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup, terutama saat tidak dapat mengonsumsi air selama berpuasa.

  • Pemeliharaan Fungsi Kognitif:

  • Peningkatan Kesehatan Jantung:

    • Sahur dengan makanan yang rendah lemak dan kaya serat dapat berkontribusi pada peningkatan kesehatan jantung dan pengendalian kadar kolesterol.

  • Mendukung Kesehatan Mental:

    Baca juga : Program Prabowo-Gibran Curi Perhatian dalam Rapat Kabinet, Begini Respon Timnas Amin

    • Makan sahur dengan keseimbangan dapat memberikan efek positif pada kesejahteraan mental. Asupan nutrisi yang cukup dapat membantu menjaga mood dan menjauhkan rasa lelah atau kelelahan yang berlebihan.

  • Membantu Regulasi Berat Badan:

  • Pemulihan dan Regenerasi Sel:

    • Makan sahur membantu tubuh untuk memulai proses regenerasi dan pemulihan selama periode istirahat malam, yang dapat mendukung kesehatan umum tubuh.

Dengan memahami manfaat sahur bagi kesehatan, umat Muslim dapat memaksimalkan potensi bulan Ramadan sebagai kesempatan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan secara holistik. Selamat menjalankan ibdah puasa Ramadan sobat Media Indonesia. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya



  • وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم السحور كله بركة فلا تدعوه ولو أن يجرع أحدكم جرعة من ماء فإن الله عز و جل وملائكته يصلون على المتسحرين

     

  • Bacaan Niat Sahur

  • نَوَيْتُ بِأَكْلِ سُنَّةَ السُّحُوْرِ اتَّبَاعًا لِنَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ ﷺ

     

  • Doa Sebelum Makan Sahur: 

  • اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
     

  • Doa Saat Menyantap Hidangan Sahur Ramadan:
     

  • يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

  • وروي عن السائب بن يزيد رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم نِعْمَ السَّحُوْرُ التَّمْر وَقَالَ يَرْحَمُ اللهُ الْمُتَسَحِّرِيْنَ
     

  • نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هٰذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى
     

  • Doa Setelah Makan Sahur:


  • الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلْنَا مُسْلِمِينَ
     

  • Kapan Waktu Membaca Niat Puasa Ramadan?

  • Hikmah Makan Sahur

  • Manfaat Sahur bagi Kesehatan

  • Bacaan Niat Sahur dan Jadwal Imsak Puasa Ramadan 14 Maret untuk Wilayah Jakarta

  • Pluralisme Adalah Sunnatullah

  • Puasa dari Pencitraan Diri

  • Merawat Toleransi

  • Makna Kemenangan Idul Fitri

  • Kekuatan Doa

  • Kekuatan Berjemaah

  • Kisah Nabi Musa Melawan Firaun

  • Arti Jihad Sesungguhnya

  • Larangan Mengharamkan yang Halal

  • Informasi

  • Rubrikasi

  • Opini

  • Ekonomi

  • Humaniora

  • Olahraga

  • Weekend

  • Video

  • Sitemap

Tautan Sahabat