visitaaponce.com

Jelang Bulan Ramadhan, Bengkulu Tingkatkan Pengawasan Harga Bahan Pokok

Jelang Bulan Ramadhan, Bengkulu Tingkatkan Pengawasan Harga Bahan Pokok
Ilustrasi(MI/Adam Dwi)

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Bengkulu, akan meningkatkan dan mengintensifkan pengawasan harga bahan pokok menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Pemprov Bengkulu, akan meningkatkan dan  mengintensifkan pengawasan harga bahan pokok menjelang Ramadan sebagai upaya untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bengkulu, Yenita Syaiful di Bengkulu, mengatakan, Pemprov akan melakukan peningkatan dan intensifikasi pengawasan harga bahan pokok mulai dari tingkat distributor jelang bulan Ramadan.

Baca juga : Beras SPHP Bulog di Bengkulu Langka Sejak Sepekan Terakhir

"Intensifikasi pengawasan harga bahan pokok merupakan bagian dari strategi Pemprov untuk mencegah kenaikan harga yang tidak wajar dan menjaga daya beli masyarakat jelang Ramadan," katanya.

Untuk melakukan pengawasan, lanjut dia, Pemprov juga akan melibatkan tim satgas pangan untuk memantau pergerakan harga dan mengambil tindakan preventif jika ditemukan gejolak harga yang signifikan.

Untuk itu, Disperindag akan bekerja sama dengan pihak terkait seperti Bulog untuk melakukan pengawasan dan intervensi yang diperlukan guna menjaga stabilitas harga bahan pokok.

Baca juga : Warga Antre Beras Murah di Kota Tegal Ricuh

Selain itu, operasi pasar dan pasar murah akan menjadi bagian dari upaya untuk mengantisipasi potensi terjadinya inflasi dan memastikan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat.

"Upaya ini sebagai langkah proaktif harus diambil menyusul keprihatinan atas potensi kenaikan harga bahan pokok yang biasanya terjadi menjelang bulan Ramadan," imbuhnya.

Tindak Spekulan

Menjelang Ramadan, kata dia, Pemprov siap untuk bertindak cepat dan tegas dalam mengatasi gejolak harga yang dapat merugikan masyarakat.

Baca juga : Beras Bulog Langka di Pasar Bengkulu sejak sebelum Pemilu

Selain itu, Disperindag juga akan mengintensifkan komunikasi dengan para pedagang dan distributor untuk memastikan bahwa kebijakan harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah tetap dijalankan dengan baik.

Pedagang juga akan diedukasi tentang pentingnya menjaga harga yang wajar dan tidak menimbun stok demi keuntungan pribadi.

Disperindag mengajak semua pihak terkait, termasuk pedagang dan distributor, untuk bekerja sama dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat