visitaaponce.com

Beras Bulog Langka di Pasar Bengkulu sejak sebelum Pemilu

Beras Bulog Langka di Pasar Bengkulu sejak sebelum Pemilu
Pedagang memperlihatkan beras jenis medium di Pasar Panorama, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Sabtu (28/1/2023).(Antara/Muhammad Izfaldi)

STOK beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) Bulog langka di pasar, Kota Bengkulu, Bengkulu. Kelangkaaan ini terjadi sebelum dan setelah pemilu.

Buyung, 52, pedagang beras, di Kelurahan Pematang Gubernur, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu, mengatakan stok beras SPHP yang didistribusikan Bulog langka di pasaran untuk kemasan lima kilogram. "Menjelang dan setelah pemilu beras SPHP memang hilang di pasaran sehingga mitra Bulog tidak lagi menjual beras tersebut," katanya.

Biasanya, lanjut dia, jika order pembelian masuk ke Bulog, satu hari pengajuan langsung ke gudang Bulog untuk mengambil beras. Sebelum membeli beras SPHP, pedagang sebagai mitra Bulog mengajukan pembelian beras.

Baca juga : Bulog Banyumas Lakukan Stabilisasi Harga Beras

Setelah pengajuan pembelian, keluar dropout atau DO dari Bulog untuk dilakukan pembayaran. Selanjutnya, DO keluar sehingga pedagang mengambil beras ke gudang Bulog.

"Biasanya stok beras selalu ada tetapi kenapa menjelang dan setelah pemilu stok beras tidak ada di pasaran," imbuhnya. Akibat beras SPHP tidak ada, kata dia, pedagang saat ini hanya menjual beras jenis premium yang terus naik.

Saat ini, beras yang dijual bukan beras SPHP melainkan beras dari Provinsi Lampung yang dijual Rp15 ribu per kilogram atau Rp25 per cupak dengan berat 1,6 kilogram. 

Baca juga : Harga Beras Melejit, Pemkot Bandung Segera Adakan Operasi Pasar

Selain beras, minyak goreng merek Minyakkita untuk ukuran botol dan kemasan pouch satu liter hilang di pasar. Minyak goreng yang dijual pedagang saat ini merupakan minyak goreng merek lain bukan Minyakkita.

Minyakkita yang ada di pasar saat ini hanya kemasan bantal yang pasokannya terbatas. Hilangnya minyak goreng tersebut, akibat pasokan dari Bulog yang belum didistribusikan ke pasar. (Z-2)

 

Baca juga : Beras SPHP Bulog di Bengkulu Langka Sejak Sepekan Terakhir

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat