visitaaponce.com

Harga Beras Melejit, Pemkot Bandung Segera Adakan Operasi Pasar

Harga Beras Melejit, Pemkot Bandung Segera Adakan Operasi Pasar
Ilustrasi operasi pasar beras SPHP(Antara)

UNTUK mengatasi kelangkaan dan melejitnya harga beras medium maupun premium, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung Jawa Barat (Jabar) segera menggelar operasi pasar beras medium dan pasar murah.

Pasar murah akan diadakan pada 19 Februari hingga 1 Maret 2024 di 30 kecamatan yang ada di Kota Bandung. Syarat warga bisa membeli cukup memperlihatkan KTP Kota Bandung.

"Saat ini memang harga beras tengah tidak terkendali, baik beras medium maupun premium. Untuk itu pemkot mengambil langkah dengan gelar Operasi Pasar Beras Medium (SPHP) dan Pasar Murah. Setiap warga hanya boleh membeli 10 kilogram, dalam 2 kemasan 5 kilogram. Jika warga membeludak maka setiap warga hanya boleh membeli 5 kilogram," kata Plt Kepala Disdagin Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin Rabu (14/2).

Baca juga : Harga Beras belum Terkendali

Ia mengatakan, saat ini stok beras medium di Bulog aman dan akan didistribusikan sebanyak 10 ton. Nantinya operasi beras dan pasar murah dibagi 2 gelombang.

Periode 19 Februari sampai 23 Februari 2024 sebagai gelombang pertama di 15 kecamatan dan 25 Februari sampai 1 
Maret 2024 untuk gelombang ke 2 di 15 kecamatan.

"Terkait harga beras SPHP medium dijual sesuai harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp10.900 per kilogram,  atau Rp54.500 per kemasan isi 5 kilogram. Sementara untuk Pasar Murah menjual komoditas di antaranya minyak goreng, telur, cabai, bwang merah dan bawang putih, mi instan, tepung, ayam beku, dan LPG 3 kg," tambahnya.

Baca juga : Beras SPHP Bulog Diburu Warga

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan juga mendesak Bulog Bandung untuk segera menggelontorkan beras medium ke pasar ritel dan tradisional. Tedy meminta agar Pemkot Bandung secepatnya menggelar operasi pasar beras.

"Operasi pasar beras, mendesak untuk membantu warga, mengingat harga beras saat ini tinggi melebihi HET. HET beras medium Rp 10.900 per kilogram, tapi hari ini harganya di pasar rata-rata di Rp 16.000. Bahkan kalau sampai warung kan ada yang Rp 17.000 per kilogram," bebernya.(Z-4)

Baca juga : Harga Beras Semakin Mahal, Warga Palu Berharap Pasar Murah

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat