visitaaponce.com

Simak Manfaat Face Toner agar Wajah Cerah Segar

Simak Manfaat Face Toner agar Wajah Cerah Segar
dr. Eklendro Senduk, D.AAAM, M.Kes.(Dokumentasi pribadi.)

PRODUK skincare ternyata terdiri dari beberapa jenis. Bahkan mungkin sering kali ini membuat sebagian besar dari orang akan bingung mengenai kegunaan dan cara memakainya dengan benar. Nah, salah satu produk perawatan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja ialah face toner yang punya banyak fungsi untuk kulit wajah. Oleh sebab itulah keberadaan dari toner atau refresher inilah tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Apa itu face toner? Menurut dr. Eklendro Senduk, D.AAAM, M.Kes (dr Ekles) dari Ekles Clinic, toner merupakan cairan dengan bahan dasar air yang mengandung bahan aktif dengan tujuan mengatasi berbagai macam masalah pada kulit wajah. Penggunaannya ketika sudah membersihkan wajah menggunakan facial foam. Apabila digunakan dengan cara yang tepat, toner inilah dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak pada wajah sekaligus sel kulit mati yang masih menempel pada wajah. Dengan begitu akan membuat kulit wajah semakin cerah dan segar.

Sebenarnya fungsi utama dari toner yaitu menyeimbangkan pH pada kulit wajah setelah cuci wajah. PH adalah tingkat keasaman kulit yang dihitung dari skala 0-14. Dengan menjaga pH pada kulit wajah itulah akan membuat wajah tidak mudah untuk mengalami infeksi, terhindar dari kusam, bahkan akan membuat semakin cerah dan terlihat sehat. Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan dari toner ternyata memiliki peran yang sangat penting. Karena itulah wajib ada di dalam rangkaian produk perawatan kulit. Apabila Anda berniat akan membeli toner, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui dahulu. Soalnya, tidak semua jenis face toner yang Anda temukan cocok untuk semua orang. 

Baca juga: Tips dan Strategi Mencegah Henti Jantung yang Dialami Bronny James

Untuk itulah, dr Ekles memberikan beberapa tips dalam memilih toner yang cocok untuk kulit wajah. Bagi kulit berminyak sebaiknya memilih refresher dengan kemampuan mengontrol produksi minyak di area wajah. Biasanya ini memanfaatkan toner dengan kandungan berupa salicylic acid, centella asiatica, witch hazel, hingga tea tree. Selain dapat membantu mengontrol minyak, kandungan itulah juga dapat membasmi jerawat agar tidak muncul pada wajah. Boleh juga memilih jenis toner dengan sifat eksfoliator.

Lain hal bila punya kulit kering. Pastikan memilih toner dengan kandungan pelembap semisal ceramide, hyaluronic acid, sekaligus glyserin. Kandungan inilah biasanya punya kadar air cukup tinggi sehingga mampu melembapkan kulit sekaligus mengunci cairan di dalamnya. "Tidak hanya itu, kami sarankan agar menghindari jenis toner yang punya kandungan alkohol," ujar Ekles dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/7).

Baca juga: Ingin Anak Mandiri? Jangan Suapi Anak yang Sudah Bisa Makan Sendiri

Kalau punya kulit bertipe sensitif, pastikan juga memilih toner bebas dari alkohol dan lembut. Bahan aktif yang keras pada toner ternyata bisa menjadi masalah tersendiri bagi kulit sensitif. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam memilih toner sebaiknya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pastikan juga menyesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki terlebih dahulu.

Untuk itu, Ekles Clinic menyediakan toner dengan segudang manfaat dilengkapi dengan beberapa kandungan dan bahan aktif sehingga mampu membantu untuk mengembalikan pH kulit wajah, menghidrasi kulit wajah, serta cocok untuk semua jenis kulit. "Kami memiliki oxy glow series/refresher glow/toner, yang bisa membantu untuk mengangkat sisa-sisa kotoran apa pori-pori sehingga akan membuat kulit wajah semakin lebih sehat dan cerah,"tambahnya.

Ekles mengingatkan jika ingin memperoleh manfaat dari penyegar ini harus digunakan dengan benar dan tepat. "Caranya, sebelum menggunakan toner ini, bersihkan wajah dahulu baik menggunakan double cleansing ataupun hanya facial wash. Kemudian keringkan wajah dengan handuk lembut atau tisu. Langkah berikutnya tuangkan toner ke atas kapas. Tujuannya, kotoran ataupun sisa riasan dapat terangkat dengan maksimal. Usapkan kapas yang sudah diberi toner tersebut secara merata pada kulit wajah," paparnya. Sebelum melanjutkan menggunakan produk skincare lain, jangan lupa mengeringkannya dahulu selama beberapa detik. Setelah kering, gunakan serum ataupun moisturizer. 

Agar oxyglow series/refresher glow/toner dapat bekerja lebih optimal, sebaiknya memperhatikan sejumlah kesalahan penggunaannya. Sebab ternyata tidak sedikit dari pengguna masih sering melakukan kesalahan ketika menggunakan toner tersebut. Misalnya, sebut dr Ekles, tidak mencuci muka sebelum menggunakan toner terlebih dahulu. Itu karena tidak sedikit dari masyarakat mengira bahwa refresher tersebut digunakan untuk membersihkan wajah. Selain itu, proses pengaplikasiannya yang salah oleh pengguna, misalnya, menggosokkan di wajah. Bukannya memperoleh manfaat, justru ini dapat mengakibatkan skin barrier rusak sekaligus munculnya kerutan nanti. Kesalahan lain ialah tidak sedikit dari pengguna tidak membiarkan toner menyerap dengan sempurna ke dalam wajah.

"Seharusnya pengguna perlu mengetahui dengan benar manfaat toner. Padahal kalau dilihat lebih jauh, toner inilah akan memberikan segudang manfaat untuk wajah. Adapun beberapa manfaat dari toner oxy glow series, di antaranya mengembalikan pH kulit wajah agar seimbang sehingga membuat kulit wajah tidak mudah infeksi. Membuat rangkaian produk skincare lain seperti serum atau moisturizer mudah untuk diserap, mencegah timbulnya komedo pada wajah,  membantu mengecilkan pori-pori, bahkan keberadaannya dapat mengatasi masalah kulit wajah tertentu," tandasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat