visitaaponce.com

Cara Hemat untuk Memutihkan Wajah dengan Cepat

Cara Hemat untuk Memutihkan Wajah dengan Cepat
Wajah cerah tapi dompet tetap aman.(Freepik)

HAMPIR setiap perempuan menginginkan kulit wajah yang putih berseri bak model iklan kosmetik. Beragam cara memutihkan wajah pun dilakukan, mulai dari  memakai produk kecantikan seperti sabun wajah, pelembap wajah, alas bedak, dan bedak. 

Namun apakah produk kecantikan itu benar-benar aman bagi kulit wajah Anda? Produk kecantikan seperti alas bedak dan bedak hanya menutup wajah Anda sementara saja, bukan membuat wajah Anda cerah secara permanen.

Produk kecantikan pun tidak ramah juga bagi dompet Anda. Ada sih yang murah? Tapi apakah barang murah terjamin kualitasnya? Daripada Anda harus gambling antara membeli produk kecantikan pencerah wajah yang murah tapi tidak aman atau membeli pencerah wajah berkualitas tapi mahal, ada cara lain yang bisa menjadi alternatif mudah dan murah bagi Anda.

Baca juga: Simak Manfaat Face Toner agar Wajah Cerah Segar

1. Rutin melakukan eksfoliasi

Tindakan pengelupasan kulit ini jika dilakukan secara teratur dapat membantu membuat kulit menjadi lebih halus dan cerah. Cara ini juga dapat mengurangi pigmentasi, garis halus, sel kulit mati, hingga menghilangkan komedo.

Baca juga:Cara Memutihkan Wajah Cepat

Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk tindakan eksfoliasi, seperti:

Ampas kopi.
Bubuk soda kue.
Garam laut halus.
Kayu manis.

Cukup campurkan bahan alami yang disebutkan dengan madu atau minyak esensial. Setelah itu, pijat dengan lembut pada kulit secara merata, sehingga sel kulit bisa diangkat dengan baik.

2. Mendapatkan tidur yang berkualitas

Seseorang yang tidak tidur dengan cukup dan berkualitas dapat membuat cahaya kulit meredup. Saat tidur pun, kulit memperbaiki diri dan beregenerasi, sehingga tetap sehat dan terlihat bercahaya. Bukan hanya kulit yang indah, masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari kebiasaan baik ini.

3. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Untuk mendapatkan wajah yang cerah, Anda perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan tentunya bergizi. Ada beberapa pilihan makanan yang perlu dikonsumsi secara rutin, antara lain:

Buah dan sayur yang kaya akan kandungan antioksidan.
Minyak ikan dan kacang-kacangan yang mengandung lemak sehat.

Pastikan juga untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi dan seimbang. Anda juga perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan beta karoten, vitamin C, zinc, dan selenium, sehingga kulit wajah lebih berkilau.

4. Memperbanyak konsumsi air putih

Mencukupi kebutuhan cairan sangat penting dalam membuat kulit menjadi lebih cerah. Sebab, seseorang yang kekurangan cairan bahkan mengalami dehidrasi, wajahnya terlihat lebih kusam karena volume aliran darah ke kulit yang minim. Selain itu, konsumsi air putih dapat membantu dalam menjaga kelembapan pada kulit. Bahkan, cairan ini juga dapat meningkatkan elastisitas kulit, sehingga terlihat sehat.

Selain meminum air 8-12 gelas per hari, anda bisa memenuhi kebutuhan cairan  mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air, seperti mentimun, semangka, dan stroberi. Namun, hindarilah mengonsumsi minuman manis maupun minuman beralkohol karena dapat memicu kulit menjadi kering dan mudah teriritasi.

5. Gunakan sunscreen

Cara memutihkan wajah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 atau lebih setiap hari sebelum beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Sunscreen akan melindungi kulit dari bahaya sinar UV, seperti kulit kusam dan munculnya bintik hitam di wajah.

6. Gunakan pelembap

Selain mencegah kulit kering, menggunakan pelembap setiap hari juga bisa menjadi cara memutihkan kulit. Pasalnya, kulit kering adalah salah satu penyebab wajah kusam. Semua pelembap memang baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Namun, untuk memutihkan wajah, pilihlah pelembap yang mengandung ceramide. Kandungan ini bermanfaat untuk memperbaiki lapisan kulit terluar (skin barrier) sehingga wajah menjadi lembap, sehat, dan tampak lebih cerah.

7. Gunakan masker alami

Anda juga bisa menggunakan masker wajah alami sebagai salah satu cara memutihkan wajah. Beberapa masker alami, seperti masker pepaya, masker alpukat, dan masker lemon, mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV sekaligus mencerahkan kulit wajah.

Anda bisa memutihkan kulit menggunakan masker alami sebanyak 1–3 kali dalam seminggu. Jangan lupa menyesuaikan jenis masker wajah dengan kondisi dan jenis kulit wajah Anda supaya hasilnya maksimal.

8. Konsumsi makanan pencerah kulit

Antioksidan mampu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV sekaligus mencerahkannya. Jeruk, lemon, paprika, stroberi, kiwi, dan tomat adalah beberapa makanan pencerah kulit dengan kandungan antioksidan tinggi yang bisa Anda konsumsi sebagai cara memutihkan wajah.

Tak cukup dengan mengonsumsi makanan pencerah kulit, Anda juga perlu mengurangi konsumsi makanan berminyak, termasuk gorengan, dan makanan manis untuk mendapatkan wajah yang sehat dan cerah.

10. Jangan merokok

Langkah selanjutnya dengan menghentikan kebiasaan merokok. Merokok dapat menurunkan kadar oksigen dan nutrisi pada kulit. Akibatnya, Anda lebih rentan mengalami penuaan dini yang menyebabkan kulit wajah menjadi keriput, kendur, dan kusam. Selain itu, kebiasaan merokok juga bisa membuat warna kulit tidak rata.

11. Kelola stres dengan bijak

Stres dapat memengaruhi kesehatan kulit wajah. Ketika Anda stres, kulit wajah bisa berjerawat, kemerahan, maupun tampak kusam. Oleh karena itu, mengelola stres dengan bijak dapat menjadi cara memutihkan wajah. Anda bisa mengelola stres melalui berbagai cara, termasuk melakukan meditasi, beristirahat sejenak dari rutinitas, atau melakukan kegiatan yang digemari.

Cara memutihkan wajah di atas bisa dilakukan untuk mengatasi wajah tampak kusam akibat faktor-faktor eksternal. Namun, perlu Anda ingat bahwa warna kulit karena faktor genetik tidak dapat diubah melalui cara-cara di atas.

Hal yang tak boleh dilewatkan jika ingin memiliki wajah yang cerah adalah menjaga kesehatan kulit. Kulit wajah yang sehat akan terlihat segar, cerah dan tidak kusam.

Selain melakukan berbagai cara di atas, tidak sedikit orang yang melakukan “jalan ninja” untuk memutihkan wajah, misalnya dengan menggunakan krim pemutih, infus whitening, serta glutathione.

Namun, Anda pun harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin melakukan cara tersebut untuk memutihkan wajah. Selain itu, berbagai cara memutihkan wajah tersebut hanya boleh dilakukan di bawah pengawasan dokter guna memastikan keamanan serta efektifitasnya dalam mencerahkan wajah. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat