visitaaponce.com

Perawatan Antipenuaan Sebaiknya Dilakukan Sejak Usia 30-an

Perawatan Antipenuaan Sebaiknya Dilakukan Sejak Usia 30-an
Ilustrasi(Freepik)

DOKTER spesialis kulit dan kelamin yang berfokus di bidang kecantikan Dikky Prawiratama menyarankan melakukan perawatan anti-aging (antipenuaan) saat seseorang memasuki usia awal 30-an.

"Biasanya kalau memang untuk target anti-aging, akan saya sarankan itu pada awal 30-an sudah mulai diaplikasikan. Jadi, biar lebih bertahan lama saja," kata dokter lulusan Universitas Gadjah Mada itu, dikutip Kamis (10/8).

Dikky menjelaskan, pada dasarnya, manusia dalam setiap tahapan usia akan mengalami proses penuaan. Akan tetapi, tubuh mampu mengompensasi proses penuaan hingga usia awal 20-an.

Baca juga: Ini yang Dimaksud dengan Beauty Anxiety dan Cara Mengatasinya

Setelah usia 30-an, biasanya permasalahan-permasalahan kulit mulai banyak bermunculan seperti kulit kendur, kulit berkerut, masalah pigmentasi kulit, dan sebagainya.

"Di sini maksudnya adalah sampai kapan tubuh itu mampu mengompensasi. Kompensasi ini biasanya terjadi itu sampai umur 20-an awal (kondisi kulit) masih oke. Usia 20-an awal, pesta sepanjang hari, besok kulitnya masih oke. Sekarang usia segini (30-an), begadang sedikit besoknya jerawatan," kata Dikky.

Dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah, Dikky selalu menekankan pentingnya penerapan tiga pilar antara lain melakukan pembersihan, menggunakan pelembab, dan melindungi kulit dengan tabir surya. 

Baca juga: Perawatan Kulit Ternyata Lebih Efektif di Malam Hari

Pembersihan wajah dapat menggunakan produk dalam berbagai jenis sediaan seperti cleansing balm hingga facial wash.

Dikky menyarankan menggunakan pelembap yang mengandung ceramide.

Akan tetapi, rangkaian perawatan kulit paling dasar (basic skincare) tersebut tidak akan efektif apabila kulit kekurangan nutrisi, apalagi jika seseorang hanya mengonsumsi makanan dengan gizi yang tidak seimbang. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat