visitaaponce.com

Kemenkes Tegaskan Pemberian 4 Jenis Imunisasi pada Anak Usia 2 Bulan Aman

Kemenkes Tegaskan Pemberian 4 Jenis Imunisasi pada Anak Usia 2 Bulan Aman
Petugas memberikan imunisasi polio kepada balita dalam Bulan Imuniasi Anak Nasional (BIAN) 2023 di Posyandu Cibinong, Bogor, Jawa Barat.(ANTARA/Muhammad Adimaja)

KEPALA Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menegaskan pemberian 4 macam vaksin atau imunisasi pada anak usia 2 bulan dinyatakan aman dan orangtua tidak perlu khawatir.

"Nantikan anak usia 2 bulan itu akan menerima beberapa jenis vaksin seperti rotavirus (RV), PCV, Hepatitis B, dan DPT. Namun orangtua tidak perlu takut," kata Nadia saat dihubungi, Selasa (15/8).

Kajian tersebut sudah dilakukan oleh Indonesia Technical Advisory Group of Imunization (ITAGI) dan dinyatakan aman diberikan pada anak usia 2 bulan.

Baca juga: Seluruh Bayi akan Mendapatkan Imunisasi Tetes Rotavirus

"Sudah diberikan rekomendasinya oleh ITAGI dan tidak masalah untuk pemberian vaksinasi pada usia 2 bulan dengan diberikan vaksin 3 hingga 4 macam vaksinasi. Karena bagaimana pun ini juga masih aman bermanfaat untuk melindungi kematian dari pada anak," ujarnya.

Saat ini, berdasarkan data dari BPS 2022, angka kematian anak di Indonesia mencapai 16,85 per 1.000 kelahiran hidup. Angka tersebut masih dikejar pemerintah untuk diturunkan setiap tahunnya. Target Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024 yakni 10 per 1.000 kelahiran hidup.

"Angka kematian bayi dan balita masih tinggi kita harus menurunkan angka kematian bayi dan balita selain angka kematian ibu. Jadi di usia 2 bulan itu akan diberikan vaksin DPT, Hepatitis B, PCV, dan RV," pungkasnya.

Baca juga: Kemenkes Canangkan Perluasan Imunisasi HPV Gratis

Saat ini terdapat 14 imunisasi wajib pada anak antara lain Hepatitis B, Bacillus Calmette–Guérin (BCG), Polio, DPT, Inactivated Poliovirus Vaccine (IPV), Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV), Influenza, Japanese Encephalitis (JE), Tifoid, Rotavirus (RV), Campak atau MR, Human Papillomavirus (HPV), Haemophilus influenzae tipe B (HiB), dan Varisela. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat