visitaaponce.com

Festival Taman 2023 Digelar di Taman Cempaka 8 Oktober 2023

Festival Taman 2023 Digelar di Taman Cempaka 8 Oktober 2023
Poster Festival Taman 2023(Istimewa)

Komunitas Ayo ke Taman, bekerja sama dengan Green Week Indonesia serta didukung oleh lebih dari 30 kolaborator akan menggelar Festival Taman 2023 di Taman Cempaka, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu 8 Oktober mendatang.

Festival tersebut diselenggarakan untuk menyemarakkan Hari Habitat yang diperingati setiap awal Oktober. Mengusung tema Ruang Sukaria, Ragam Berbudaya, Festival Taman 2023 melibatkan puluhan komunitas. Mereka akan mengajak ribuan warga untuk menjalankan gaya hidup ramah lingkungan demi meningkatkan kualitas hidup di perkotaan.

Niken Prawestiti, co–founder Ayo ke Taman sekaligus Penanggung Jawab Festival Taman 2023 mengatakan ide untuk menggelar acara itu tidak terlepas dari minimnya pengetahuan masyarakat terkait keberadaan taman-taman di ibu kota.

Baca juga: Didukung SoKlin, Jember Fashion Carnaval Dapat Sambutan Warga New York, AS

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengklaim memiliki lebih dari 1.800 taman, namun warga hanya familiar dengan beberapa taman yang berada di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Kami memilih taman di Jakarta Timur agar warga semakin banyak mengenali dan memanfaatkan taman di area lain Jakarta," ujar Niken melalui keterangan tertulis, Senin (2/10).

Ia menjelaskan Taman Cempaka dipilih lantaran termasuk salah satu taman yang memiliki area luas yakni mencapai 6 hektare. Itu juga memiliki pemandangan bagus dengan keberadaan danau alaminya.

Baca juga: Jogja Spoor Festival Jadi Daya Tarik Wisata Perkeretaapian di Jogja

"Sayangnya masih belum banyak diketahui dan diaktivasi masyarakat. Padahal, dengan peresmian jalur LRT dan jaringan angkutan umum, Taman Cempaka relatif mudah diakses,” tuturnya. 

Dengan menggandeng lebih dari 30 kolaborator, beragam kegiatan untuk seluruh usia, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia, sudah disiapkan. Beberapa diantaranya adalah diskusi isu-isu perkotaan, kelas mendongeng anak, permainan tradisional, cek kesehatan warga, pemilahan sampah, lokakarya menjahit sisa kain dan sampah daur ulang, pertunjukan seni musik, nonton bareng, hingga karaoke bersama warga. 

Dalam festival nanti, masyarakat juga dapat membawa barang yang dapat didaur ulang, seperti pakaian layak pakai, mainan anak layak pakai, botol plastik, dan buku untuk didonasikan kepada para kolaborator agar dapat digunakan kembali dengan manfaat yang baru. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat