visitaaponce.com

Kemenkes Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia Tersedia 231.810 Dosis

Kemenkes: Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia Tersedia 231.810 Dosis
Tenaga kesehatan menunjukkan vaksin Indovac saat peringatan Hari Kesehatan Nasional di JCC, Jakarta, Senin (28/11/2022).(ANTARA/DARRYL RAMADHAN)

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa pihaknya masih punya stok vaksin covid-19 buatan dalam negeri sebanyak 231.810 dosis untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan vaksinasi.

"Kita sudah gunakan sekitar 487 juta dosis, di mana hampir 30 persennya adalah gratis, sumbangan yang kami peroleh," katanya dalam rapat kerja pemerintah bersama Komisi IX DPR, Selasa (7/11), seperti dilansir dari Antara.

Menurut data Kemenkes, stok vaksin covid-19 buatan dalam negeri tersedia di 23 provinsi.

Vaksin Indovac produksi Bio Farma antara lain tersedia di Jawa Tengah (84.460 dosis), Jawa Timur (54.400 dosis), Sulawesi Selatan (32.035 dosis), Jawa Barat (16.850 dosis), dan Nusa Tenggara Timur (12.605 dosis).

Indovac sudah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk digunakan dalam vaksinasi lanjutan atau vaksinasi penguat bagi orang berusia 18 tahun ke atas.

Baca juga:

Pemerintah Harus Terus Jamin Vaksin Covid-19 bagi Kelompok Berisiko Tinggi

Boris Johnson Sempat Menyangka Hairdryer Bisa Matikan Virus Covid-19

"Atas permintaan DPR, kami sebaiknya bergeser ke vaksin produksi dalam negeri, sekarang semua stoknya vaksin dalam negeri ini sudah ada di seluruh daerah," kata Budi, menambahkan, sekarang kebutuhan vaksin covid-19 sudah tidak banyak.

Ia menyampaikan bahwa pemerintah mengoptimalkan pemanfaatan vaksin covid-19 produksi dalam negeri yang telah memiliki sertifikat halal dan mendorong perpanjangan masa kedaluwarsa vaksin covid-19 buatan dalam negeri.

Selain itu, ia mengatakan, pemerintah meningkatkan tata kelola pemanfaatan vaksin covid-19, antara lain dengan memanfaatkan aplikasi Sistem Monitoring Logistik Imunisasi berbasis Elektronik (Smile) untuk mendukung pemantauan dan pemeriksaan stok vaksin. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat