visitaaponce.com

IndoVac Sudah Bisa untuk Booster Kedua Kelompok Dewasa

IndoVac Sudah Bisa untuk Booster Kedua Kelompok Dewasa
Petugas medis menyuntikkan vaksin covid-19 dosis keempat kepada karyawan Media Group di Kompleks Kedoya, Jakarta(MI/Vicky Gustiawan)

Vaksin covid-19 produksi dalam negeri, IndoVac, sudah dapat digunakan sebagai dosis penguat atau booster kedua untuk masyarakat berusia 18 tahun ke atas.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, Rabu (8/3).

"Kemenkes menambah regimen vaksin covid-19 berupa vaksin IndoVac sebagai booster kedua. Berlaku bagi sasaran yang mendapatkan vaksin primer AstraZeneca," ujar Siti.

Baca juga: 70 Juta Orang Terlindungi Vaksin Booster Covid-19

Sebelumnya, IndoVac sudah digunakan untuk penyuntikan vaksin booster kedua. Tetapi hanya ditujukan untuk kelompok lansia.

"Vaksin ini telah mendapat Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memperhatikan vaksin yang ada," ujarnya.

Baca juga: 1.000 Vaksin Covid-19 Booster Ke-2 Gratis Diberikan RS Premier Bintaro

Penggunaannya pun berdasarkan rekomendasi ITAGI Nomor ITAGI/SR/3/2023 yang terbit per 6 Maret 2023 tentang Update Pemberian Vaksinasi covid-19 Dosis Booster IndoVac.

Vaksin booster ke-2 IndoVac diberikan dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml. Vaksin booster IndoVac ini diberikan dengan interval 6 bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama.

Pemberian vaksin dosis booster kedua IndoVac bagi masyarakat umum dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan atau di pos pelayanan vaksinasi covid-19.

"Booster diperlukan agar imunitas terjaga dan dapat memutus penularan covid-19. Masalahnya, kasus covid-19 yang masuk rumah sakit dan kasusnya tergolong sedang dan berat sebagian besar belum dibooster," lanjut Siti.

“Begitupun untuk kasus yang meninggal, sebagian besar belum dibooster.” (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat