visitaaponce.com

Pemerintah Susun Visi Indonesia Digital 2045 untuk Percepat Transformasi Digital

Pemerintah Susun Visi Indonesia Digital 2045 untuk Percepat Transformasi Digital
Launching Visi Indonesia Digital 2045.(DOK IST)

UNTUK mendukung terwujudnya Visi Indonesia Emas 2045, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan Visi Indonesia Digital 2045. Tujuannya diharapkan Indonesia mampu memanfaatkan potensi yang belum dieksplorasi dan menguasainya melalui pemanfaatan teknologi digital yang terarah dan terkendali.

Sebagai inisiator penyusunan Visi Indonesia Digital 2045 (VID 2045), Kemenkominfo bersinergi dengan lebih dari 50 institusi, dari kementerian/lembaga, asosiasi, akademisi, dan hingga privat dalam menyelaraskan langkah perencanaan pembangunan digital pada 20 tahun mendatang. Acara peluncuran VID 2045 yang dilangsungkan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (13/12/) ini turut dihadiri Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Visi Indonesia Digital 2045 adalah ‘Mewujudkan Ekosistem Digital yang Inklusif dan Kolaboratif Berbasis Inovasi, untuk Mendukung Indonesia Maju, Berdaulat dan Berkelanjutan’. Kami ingin memastikan pemanfaatan teknologi digital ke depan harus bisa memberikan kesejahteraan dan kualitas hidup terbaik bagi seluruh rakyat Indonesia, dan dapat dinikmati hingga ke generasi bangsa berikutnya,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Baca juga: Menko Airlangga: Penekanan Politik Luar Negeri RI Saat Ini pada Politik Ekonomi

Budi Arie mengharapkan VID 2045 dapat menjadi alasan setiap elemen untuk dapat bergotong-royong dalam transformasi digital nasional, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku industri, komunitas dan asosiasi, akademisi, dan masyarakat secara umum.

“Untuk dapat terwujud Visi Indonesia Emas 2045 sebagaimana arahan Pak Presiden Joko Widodo, transformasi digital menjadi kunci penting dan Visi Indonesia Digital 2045 ini menjadi rute alternatif bagaimana kita bisa bertransformasi digital dengan optimal untuk kesejahteraan masyarakat. Saya harap kementerian dan lembaga dapat menurunkannya dalam roadmap teknis yang tersinkronisasi dan menuju arah yang sama,” pungkas Menkominfo Budi Arie.

Sementara itu Airlangga menyatakan menyambut Indonesia di tahun 2045, menurutnya Indonesia akan menjadi negara yang secara ekonomi lima besar di dunia yang salah satu faktornya adalah digitalisasi. "Melalui digitalisasi ini diharapkan kontribusi ekonominya 20%," katanya.

Baca juga: Nilai-Nilai Moral yang Ditanamkan Pramuka dapat Menjadi Bekal Hadapi Tantangan Bernegara

Dalam prosesnya, Kemenkominfo menyerap pandangan dan aspirasi dari berbagai sektor masyarakat agar tercermin dalam visi digital yang disusun. Proses penyempurnaan susunan dan finalisasi VID 2045 dilakukan dalam bentuk kegiatan penajaman konsep bersama seluruh unit kerja Kominfo, serta K/L terkait, seperti Kemenkoperekonomian, Bappenas, KemenpanRB, Kemendag, Kemenpar, Kemenkes, Kemendikbudristek, dan BRIN. Kemudian perwakilan industri, seperti operator seluler dan penyedia teknologi, juga pelaku ekosistem digital dan asosiasi seperti Mastel, APJII, ASIOTI, hingga akademisi.

Pada peluncuran VID 2045, terdapat berbagai sesi keynote dan diskusi panel. Rangkaian acara diakhiri dengan pengenalan Indeks Transformasi Digital Nasional (Indeks TDN) sebagai alat pendukung untuk realisasi VID 2045. Kemenkominfo melakukan penilaian Indeks TDN sebagai gambaran kemajuan transformasi digital di Indonesia terhadap lima pilar, yaitu infrastruktur, pemerintah, bisnis, masyarakat, dan ekosistem, baik di tingkat nasional maupun daerah. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat