visitaaponce.com

Mindful Parenting Bentuk Anak yang Sukses dan Tangguh

Mindful Parenting Bentuk Anak yang Sukses dan Tangguh
Sharing session ilmu parenting dengan topik Successful and Mentally Strong Kids secara interaktif.(Dokpri.)

MINDFUL parenting adalah pengasuhan yang dilakukan oleh kedua orangtua, bukan hanya satu. Pengasuhan ini dilakukan dengan penuh kesadaran bahwa orangtua hadir secara fisik dan emosi serta bertindak bijak terhadap kebutuhan anak sesuai dengan perkembangannya.

"Orangtua hanya bisa mindful apabila sudah selesai dengan diri mereka. Maksudnya, pengaruh pengasuhan di masa lalu tidak terlalu mewarnai. Ini bisa diselesaikan dengan terapi untuk dia bisa mindful," jelas psikolog spesialis pengasuhan anak Elly Risman dalam berbagi ilmu parenting dengan topik Successful and Mentally Strong Kids secara interaktif. Psikolog dengan pengalaman puluhan tahun di dunia parenting ini menekankan pentingnya mindful parenting untuk membentuk anak yang sukses dan tangguh.

Selain mindful parenting, Elly Risman menyinggung mengenai 7 Pilar Pengasuhan. Ketujuh pilar itu yakni siap menjadi orangtua, keterlibatan ayah dalam pengasuhan, menetapkan tujuan pengasuhan dan disepakati, komunikasi yang benar, baik dan menyenangkan, menanamkan nilai agama, menyiapkan masa baligh, dan bijak memanfaatkan teknologi.

Baca juga: Pola Asuh Buruk Salah Satu Penyebab Terjadinya Perundungan

Sharing session ditutup dengan tanya jawab kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video konten sayembara yang dikirim para karyawan PT Reasuransi Indonesia Utama atau Indonesia Re sekaligus pemilihan pemenang. Kegiatan itu merupakan salah satu program dalam memperingati Hari Ibu pada 22 Desember 2023 yang digelar perusahaan tersebut bersama Jelita 30.

Jelita 30 merupakan bentuk komitmen Indonesia Re untuk selalu memberikan wadah bagi para perempuan yang ingin berkarya di perusahaan. Komunitas ini diharapkan dapat menginisiasi dan mengawal pembentukan talent management system yang transparan dan fair, sehingga karyawati di Indonesia Re mendapatkan kesetaraan dan kesempatan berkarier yang tidak bias gender.

Baca juga: Cegah Kekerasan Seksual di Kampus, Kemendikbud Tekankan Pola Asuh Orang Tua

Selain sharing session itu, ada sayembara atau kompetisi pembuatan konten video dengan konsep A Day in My Life with Mom/Wife atau Celebrating Mother's Day with My Mom/Wife yang diikuti seluruh karyawan dan karyawati Indonesia Re Group. Puncak perayaan Hari Ibu dilaksanakan secara daring yang diikuti lebih dari 100 karyawan Indonesia Re Group.

Direktur Keuangan dan Aktuaria Maria Elvida Rita Dewi mengatakan bahwa perayaan Mother's Day ini bertujuan menunjukkan apresiasi perusahaan kepada para ibu atas segala cinta, kasih, dan dedikasi yang diberikan kepada keluarganya. Meski begitu, Vida menekankan bahwa perayaan Hari Ibu tak sekadar perayaan untuk ibu sebagai istri atau yang melahirkan anak-anak, tetapi juga perayaan yang spesial bagi seluruh perempuan.

"Perayaan Hari Ibu merupakan kegiatan rutin yang telah Jelita 30 lakukan selama tiga tahun terakhir. Tema perayaan Hari Ibu tahun ini memuat harapan agar para ibu selalu dikenang, diapresiasi dalam segala hal, tindakan, pengorbanan yang telah diberikan," ujar Vida. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat