visitaaponce.com

Kemenag 4.438 Jemaah sudah Lunasi Biaya Perjalanan Haji

Kemenag: 4.438 Jemaah sudah Lunasi Biaya Perjalanan Haji
Ilustrasi(AFP)

Kementerian Agama (Kemenag) mengungkapkan sebanyak 4.438 jemaah haji 1445 H/2024 M sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih). Proses pelunasan telah dibuka sejak 10 Januari hingga 12 Februari mendatang.

“Sampai 15 Januari atau hari keempat pelunasan, ada 4.438 jemaah yang telah melunasi Bipih 1445 H," ujar Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie, Selasa (16/1).

Ia mengatakan, dalam empat hari ini, ada kenaikan tren pelunasan yang dilakukan oleh jemaah haji. Pada hari pertama, tercatat hanya ada 147 jemaah yang melunasi. Kemudian, pada hari kedua naik menjadi 709 pada jemaah. Pada hari ketiga kembali naik menjadi 986 jemaah, dan 2.596 jemaah pada hari keempat.

Baca juga: Menag Dorong Produk Halal Indonesia Masuk Pasar Haji Dunia

“Jumlah jemaah yang melunasi Bipih naik terus setiap hari. Saya berharap ini akan terus meningkat pada hari-hari ke depan hingga akhir tahap pelunasan, seiring dengan semakin banyaknya jemaah yang telah melakukan pemeriksaan dan memenuhi syarat istitha'ah,” sebut Anna.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah telah menerbitkan Keputusan Nomor 83 Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembayaran Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji Reguler Tahun 1445 Hijriyah/2024 Masehi.

Pelunasan Bipih 1445 H/2024 M tahap pertama dibuka dari 10 Januari-12 Februari 2024. Tahap ini diperuntukkan bagi jemaah haji yang masuk alokasi kuota keberangkatan pada musim haji tahun berjalan, prioritas jemaah haji reguler lanjut usia, dan jemaah haji reguler cadangan.

Baca juga: Menag Bahas Ta'limatul Hajj dengan Kementerian Haji Arab Saudi

“Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah sudah menerbitkan daftar jemaah yang masuk alokasi kuota tahun ini. Saya mengimbau jemaah untuk segera memeriksakan kesehatan untuk memenuhi syarat istitha’ah lalu segera melakukan pelunasan,” tandas Anna. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat