visitaaponce.com

Berawal dari Mimpi, Ini Bacaan Sholawat Busyro Arab, Latin, dan Terjemahannya

Berawal dari Mimpi, Ini Bacaan Sholawat Busyro Arab, Latin, dan Terjemahannya
Ilustrasi(Freepik)

SHOLAWAT adalah ucapan doa dan pujian yang ditujukan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tanda penghormatan dan pengakuan atas kedudukan beliau sebagai utusan Allah SWT. Di antara banyak sholawat, salah satu yang terkenal adalah sholawat Busyro.

Sholawat busyro ini terkenal karena memiliki manfaat luar biasa, seperti melancarkan rezeki, menghilangkan kesulitan, dan mengabulkan hajat. 

Sholawat busyro dikatakan diijazahkan langsung oleh Rasulullah SAW kepada salah satu putra Habib Hasan Baharun, yaitu Habib Segaf bin Hasan Baharun, melalui mimpi. Habib Segaf merupakan pengasuh Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah Bangil, Pasuruan, Jawa Timur.

Baca juga : Teks Bacaan Ratib Al Haddad, Arab, Latin, dan Arti

 

Habib Segaf bin Hasan Baharun. (Sumber: NU Online)

 

Dalam mimpi tersebut, Rasulullah SAW membacakan sholawat busyro kepada Habib Segaf dan menyuruhnya untuk menyebarkannya kepada umat Islam. 

Rasulullah SAW juga menjelaskan bahwa sholawat Busyro dianjurkan untuk dibaca sebanyak 41 kali setiap selesai shalat subuh.

Baca juga : Habib Umar bin Hafidz Ungkap Betapa Terangnya Cahaya Wajah Nabi Muhammad

Bacaan sholawat merupakan rangkaian pujian sekaligus ungkapan cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Salah satu jenis bacaan sholawat yang bisa diamalkan adalah bacaan sholawat dalam bahasa Latin, beserta artinya. Sholawat adalah himpunan zikir kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. 

Anjuran untuk membaca sholawat termaktub dalam Al-Qur'an, Surah Al Ahzab ayat 56. Allah SWT berfirman :

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمً

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan sampaikanlah salam penghormatan kepadanya."

Bersamaan dengan itu, terdapat hadis yang menjelaskan tentang keutamaan dan manfaat membaca sholawat, di antaranya adalah: 

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:


 مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya:

Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali. (HR. Muslim)


Dari hadis tersebut, dapat diperoleh pemahaman bahwa membaca sholawat membawa berbagai keutamaan, seperti mendapatkan shalawat dari Allah SWT, memperoleh pahala berlipat ganda, dan mendapat ampunan dari Allah SWT. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu mengucapkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai wujud cinta dan penghormatan kepada beliau.


Dikutip dari buku berjudul "Sholawat: Praktik Mulia Menuju Keselamatan di Dunia dan Akhirat" yang ditulis oleh Emas Agus Prastyo Wibowo, dijelaskan bahwa penggunaan istilah "sayyidina" dalam bacaan sholawat memiliki makna tuan atau yang agung. Pemilihan kata ini merupakan tanda penghormatan terhadap Nabi Muhammad SAW.

 

Keutamaan Sholawat Busyro

Sholawat adalah ungkapan doa kepada Allah SWT, memohon keberkahan dan kemuliaan bagi Nabi Muhammad SAW, serta keluarga dan sahabat-sahabatnya. Ini merupakan ekspresi penghormatan dan manifestasi dari rasa cinta yang tulus.

Apabila sholawat dianggap sebagai doa, hal tersebut menjadikan doa tersebut langsung diterima di sisi Allah. Sebagaimana disebutkan dalam hadis, "Sesungguhnya doa itu terhenti di antara langit dan bumi, tidak naik sedikit pun dari situ, kecuali dengan bersholawat atas Nabimu." (HR. Tirmidzi)

1. Sholawat Istimewa

Sholawat busyro merupakan sholawat yang diberikan izin langsung oleh Rasulullah SAW kepada salah satu anak dari Habib Hasan Baharun. Fakta ini menunjukkan bahwa sholawat busyro mendapatkan posisi yang sangat istimewa dan tinggi dalam pandangan Allah SWT dan Rasulullah SAW.

2. Pendekatan kepada Rasulullah

Melantunkan sholawat busyro dapat menjadi bentuk ekspresi kasih sayang dan penghargaan terhadap Nabi Muhammad SAW, yang dianggap sebagai contoh teladan bagi umat Islam. Dengan demikian, tindakan ini dapat memperkuat ikatan dan kedekatan spiritual dengan Rasulullah SAW, sebab kita mengikuti jejak dan ajarannya.

3. Penghapus Dosa

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW menyatakan, "Barang siapa yang mengucapkan sholawat kepadaku sekali, maka Allah akan mengucapkan sholawat kepadanya sepuluh kali, dan sepuluh dosa akan dihapuskan darinya, serta sepuluh derajat akan ditinggikan baginya." (HR An-Nasa'i)

Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda, "Barang siapa yang mengucapkan sholawat kepadaku pada hari Jumat sebanyak 80 kali, maka Allah akan mengampuni dosanya selama 80 tahun." (HR Thabrani)

4. Mendapatkan Syafaat

Melantunkan sholawat busyro adalah wujud penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, mereka yang mengamalkannya dapat berharap akan mendapatkan syafaat atau pertolongan dari Nabi Muhammad SAW di hari kiamat.

 

Lirik Sholawat Busyro Arab, Latin, dan Arti

اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ صَاحِبِ الْبُشْرى صَلَاةً تُبَشِّرُنَابِهَا وَاَهْلَنَا وَاَوْلَادَنَا وجَمِيْعَ مَشَايِخِنَا وَمُعَلِّمِنَا وَطَلَبَتَنَا وَطَالِبَاتِنَامِنْ يَوْمِنَاهذَااِلى يَوْمِ الْأَخِرَةِ

Allaahumma shalli wa sallim 'alaa Sayyidinaa Muhammadin shaahibil busyraa shalaatan tubasysyiruna bihaa wa ahlanaa wa awlaadanaa wa jamii'a masyaayikhinaa wa mu'alliminaa wa thalabatanaa wa thaalibaatinaa min yawminaa haadzaa ilaa yawmil aakhirah

Artinya:

"Ya Allah, semoga rahmat dan keselamatan senantiasa tercurah limpahkan kepada junjungan kami Baginda Nabi Muhammad pemilik kabar gembira yang memberi kabar gembira kepada keluarga kami, anak-anak kami, guru-guru kami, para pengajar kami, dan siswa-siswi kami sejak hari ini hingga sampai hari akhir."

Al-Habib Segaf bin Hasan Baharun menyatakan bahwa sholawat busyro memiliki potensi untuk memberikan kelapangan hidup, yang mencakup kebebasan dari kesulitan, ketakutan, dan kecemasan. Selain itu, sholawat busyro juga dikatakan memiliki sejumlah keutamaan bagi mereka yang membacanya, sebagaimana dikutip dari laman Universitas Islam An Nur Lampung. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat