visitaaponce.com

Cak Imin Gaungkan Taubat Ekologis, Ini Penjelasannya

Cak Imin Gaungkan Taubat Ekologis, Ini Penjelasannya 
Cawapres Muhaimin Iskandar(MI/Susanto)

CALON wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengajak agar pemerintahan ke depan melakukan ‘taubat ekologis’ untuk masa depan Indonesia. Taubat yang dimaksud ialah dengan mengimplementasikan etika ekologi.

Ia berjanji apabila mandat telah diberikan kepada nomor urut 1 untuk memimpin Indonesia, ke depannya tidak ada lagi ugal-ugalan dalam menangani krisis iklim, tidak mengangkangi aturan tidak sembrono.

“Inti dari pembangunan berkelanjutan adalah tidak ada satupun yang boleh ditinggalkan. Dari petani, peternak, nelayan, masyarakat adat, dan seluruh kelompok rentan lainnya, pembangunan berkelanjutan jangan diabaikan. Jangan malah mengurusi kekuasaan yang berkelanjutan. Kita harus mengingatkan, Al Qur’an mengingatkan juga, telah ada kerusakan di darat dan lautan karena ulah tangan manusia,” ujar Cak Imin dalam segmen penutup di acara Debat Calon Wakil Presiden 2024 di JCC Senayan, Minggu (21/1).

Baca juga : Mahfud dan Muhaimin Tampil Apik di Debat Cawapres Kedua

“Insya Allah kalau Amin mendapatkan mandat, kita akan siapkan anggaran untuk krisis iklim, kita tingkatkan secara signifikan, termasuk riset sekaligus implementasi energi baru terbarukan. Kita sahkan RUU Masyarakat Adat secepat-cepatnya,” lanjut dia.

Lebih lanjut, Cak Imin juga mengatakan beberapa subsidi masih terus diterapkan. Seperti misalnya untuk masyarakat desa, perlu anggaran Rp5 miliar per tahun agar warga desa dapat menikmati pembangunan. Selanjutnya subsidi BBM untuk masyarakat miskin, petani, nelayan dan kelompok rentan lainnya masih akan diteruskan.

“Transportasi publik, menggunakna energi listrik, juga salah satu Solusi untuk mengurangi polusi dengan cara pembangunan kota. Reofrma agraria harus dieksekusi untuk memangkas ketimpangan. Saatnya kita berubah. Saatnya pilih perubahan,” tutupnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat