visitaaponce.com

New York Times Sebut Joe Biden Perlu Mundur dari Pemilu AS 2024

New York Times Sebut Joe Biden Perlu Mundur dari Pemilu AS 2024
Presiden AS, Joe Biden (tengah).(Dok. AFP)

NEW York Times menulis bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden seharusnya mundur dari kontestasi Pemilu AS 2024. Hal itu ditulis New York Times dalam tajuk pendapat surat kabar terbesar di New York itu, Jumat, 28 Juni 2024.

Media tersebut menyebut Joe Biden telah tampil buruk dalam debat capres melawan Donald Trump. Biden yang usianya sudah 81 tahun disebut seharusnya membuka ruang bagi calon lain dari Demokrat untuk maju menggantikannya.

Dalam tajuknya, disebut Joe Biden sebenarnya sudah berhasil membawa AS lebih makmur dibandingkan saat dipimpin Trump di periode sebelumnya.

Baca juga : Tim Trump Klaim Kemenangan dalam Debat Pertama Lawan Biden

“Namun, pelayanan terbaik bagi publik yang bisa dilakukan Biden saat ini adalah mengumumkan bahwa dia tidak akan melanjutkan pencalonan untuk dipilih kembali,” kata surat kabar tersebut.

Dewan redaksi New York Times menyebut Joe Biden selama debat itu gagal meyakinkan publik AS bahwa dirinya layak menjalani masa jabatan kedua.

Joe Biden dinilai kesulitan menjelaskan apa yang akan dicapai pada masa jabatan kedua, kesulitan menanggapi provokasi mantan Presiden Donald Trump, juga kesulitan berbicara dalam beberapa kesempatan, papar dewan redaksi.

Baca juga : Pejabat Partai Demokrat Kecewa dengan Penampilan Biden di Debat Capres AS

“Jalan paling jelas bagi Partai Demokrat untuk mengalahkan kandidat yang didasari oleh kebohongan adalah dengan bersikap jujur kepada publik Amerika: mengakui bahwa Biden tidak dapat melanjutkan pencalonannya,” tulis dewan redaksi.

New York Times juga menyodorkan usul agar partai tersebut menciptakan proses untuk memilih satu sosok yang lebih mampu untuk menggantikan Biden untuk dapat mengalahkan Trump pada pilpres November mendatang.

Seperti diketahui, pada Kamis (28/6) malam, Joe Biden dan Donald Trump berhadapan dalam debat yang diselenggarakan CNN di Atlanta. Penampilan Joe Biden selama debat tersebut dilaporkan memicu kekhawatiran di kalangan Partai Demokrat serta menimbulkan pertanyaan tentang masa depan pencalonannya.

Atas penampilan tersebut, Joe Biden dan tim kampanyenya mengakui bahwa penampilan sang presiden AS selama dalam debat di Atlanta tidak bagus, tetapi mereka meyakinkan publik bahwa mereka tidak akan menghentikan upaya Biden untuk terpilih kembali.

(Ant/Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat