visitaaponce.com

Hiu Meg Ternyata Lebih Kurus, Temuan Baru Ilmuwan dalam Analisis Fosil

'Hiu Meg' Ternyata Lebih Kurus, Temuan Baru Ilmuwan dalam Analisis Fosil
Sebuah studi terbaru menunjukkan hiu megalodon, sebenarnya lebih kurus dari perkiraan sebelumnya. (Mashable)

MEGALODON purba dikenal sebagai salah satu makhluk paling menakutkan yang pernah ada di dunia, seekor hiu raksasa yang diabadikan dalam film monster "The Meg".

Namun, setelah melakukan analisis ulang terhadap bukti fosil, para ilmuwan mengatakan mereka sekarang berpikir hiu tersebut jauh lebih kurus dari yang sebelumnya diperkirakan.

Sementara film B tahun 2018 yang dibintangi Jason Statham menggambarkan megalodon memangsa manusia modern, hiu tersebut sebenarnya telah punah sekitar 3,6 juta tahun yang lalu.

Baca juga : Gandititan Cavocaudatus, Spesies Dinosaurus Baru dari Tiongkok

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan panjang Megalodon bisa mencapai 20 meter (50 kaki). Namun, perkiraan ukuran bervariasi secara luas karena didasarkan pada satu-satunya sisa fosil hiu, yaitu gigi dan tulang belakang.

Para ilmuwan sebelumnya menganggap megalodon memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan keturunannya yang masih hidup, yaitu hiu putih besar. Namun, menurut sebuah tim peneliti internasional di balik sebuah studi di jurnal Palaeontologia Electronica, model yang lebih baik mungkin adalah hiu mako yang lebih kurus.

"Tim kami kembali memeriksa catatan fosil, dan menemukan bahwa megalodon lebih ramping" dari yang sebelumnya dipikirkan, kata ahli biologi dari University of California, Riverside, Phillip Sternes, dalam sebuah pernyataan.

Baca juga : Ilmuwan Temukan Kerangka Predator Purba yang Lebih Ganas dari Dinosaurus di Brasil

Namun, bagi Jason Statham dalam film Meg berikutnya, hiu tersebut sebenarnya mungkin lebih panjang dari yang sebelumnya diyakini. "Ia tetap akan menjadi predator yang tangguh di puncak rantai makanan laut purba, tetapi akan berperilaku berbeda berdasarkan pemahaman baru ini terhadap bentuk tubuhnya," tambah Sternes.

Dalam berita baik bagi korban manusia yang tidak berdaya dalam film Meg masa depan yang mungkin, megalodon "mungkin bukan perenang yang kuat" dibandingkan dengan hiu putih besar, kata salah satu penulis studi, Kenshu Shimada, seorang paleobiolog di DePaul University di Chicago.

Mungkin juga harus berburu lebih sedikit karena saluran pencernaan yang lebih panjang. Hal ini juga dapat mempengaruhi misteri kepunahan megalodon.

Baca juga : Dugaan Jasad Makhluk Bukan Manusia Ditampilkan di Kongres Meksiko

Sebelumnya diteorikan hiu tersebut punah karena kurangnya mangsa. Tetapi citra tubuh yang diperbarui bisa menunjukkan penyebab yang berbeda.

"Saya percaya ada kombinasi faktor yang menyebabkan kepunahan, tetapi salah satunya mungkin adalah munculnya hiu putih besar, yang mungkin lebih lincah, menjadikannya predator yang lebih baik daripada megalodon," kata Sternes.

Shimada mengatakan mengetahui bentuk sebenarnya dari Otodus megalodon memerlukan penemuan rangka yang lebih lengkap. "Fakta bahwa kita masih belum tahu persis bagaimana O. megalodon tampak membuat imajinasi kita tetap hidup," tambahnya. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat