visitaaponce.com

Kemensos Beri Bantuan untuk Ali, Pengidap Cerebral Palsy sejak Bayi

Kemensos Beri Bantuan untuk Ali, Pengidap Cerebral Palsy sejak Bayi
Ilustrasi(Kemensos)

Kementerian Sosial memberikan berbagai bantuan untuk Ali, warga berusia 37 tahun, yang mengidap cerebral palsy sejak kecil. Penduduk Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, itu selama ini hanya bisa terbaring di lantai karena tidak bisa menggerakkan tubuhnya dan tidak bisa berbicara. Untuk kegiatan sehari-hari, Ali dibantu kedua orangtuanya, Rusli dan Fatimah.

“Untuk kebutuhan makan dan memandikan Ali, saya bergantian dengan istri. Sesekali Ali kami dudukan atau sandarkan supaya tidak bosan,” kata Rusli.

Ali semula lahir dengan normal. Namun saat usia enam bulan, tubuhnya mengalami kejang dan demam. Saat usia Ali menginjak usia 9 bulan, kondisi tersebut semakin sering terjadi. Kemudian Ali mengalami kelumpuhan pada kedua kakinya, tidak bisa menggerakan tubuhnya serta tidak dapat berbicara hingga sekarang.

Baca juga : Kemensos Tambah Bantuan untuk Korban Banjir di Demak

Mengetahui hal tersebut, Kementerian Sosial melalui Sentra Budi Perkasa memberikan perhatian dan berbagai bantuan bagi Ali dan keluarganya. Ali dibawa ke RSUD Sekayu di Kabupaten Musi Banyuasin untuk menjalani pemeriksaan, perawatan dan penanganan lanjutan. Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, Ali didiagnosis mengalami kondisi pengecilan otak hingga kemunduran fungsi otak serta penurunan syaraf motorik.

“Ali sudah ditangani dengan pemberian obat kejang untuk tiga tahun ke depan, dengan konsumsi rutin dan teratur. Selain itu terhadap M Ali akan dilakukan kontrol medis dan terapi fisioterapi yang direncanakan diterapkan secara berkala di RSUD Sekayu,” ucap Nursaenah selaku dokter RSUD Sekayu.

Tidak hanya itu, Fatimah juga menerima dukungan kewirausahaan berupa warung sembako dan makanan ringan. Kemensos akan terus berkomitmen untuk memantau M. Ali serta mendukung perkembangan usaha Ibu Fatimah agar dapat menghadapi tantangan ini dengan lebih baik. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat