visitaaponce.com

Uskup Agung Jakarta Sebut Wacana KUA Lintas Agama belum Disosialisasikan

Uskup Agung Jakarta Sebut Wacana KUA Lintas Agama belum Disosialisasikan
Uskup Keuskupan Agung Jakarta Uskup Ignatius Kardinal Suharyo (kiri) bersiap memimpin jalannya Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta.(Antara)

MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas telah baru-baru ini memberi wacana untuk menjadikan Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai pusat layanan keagamaan, termasuk menjadi tempat pernikahan. Ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi seluruh umat beragama dalam mengakses berbagai layanan keagamaan.

Menanggapi hal tersebut, Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo mengatakan bahwa wacana tersebut belum jelas dan juga pihaknya masih menunggu sosialisasinya.

“Sampai sekarang wacana itu belum disosialisasikan, saya belum tahu persis isinya, maka tidak bisa menanggapi,” ungkapnya kepada Media Indonesia, Rabu (28/2).

Baca juga : ASN Kemenag Diminta Dukung KUA sebagai Pusat Layanan Semua Agama

Lebih lanjut, dia berharap Kementerian Agama dapat mengundang para pimpinan komunitas agama untuk membicarakan hal ini secara bersama terlebih dahulu sebelum mengesahkannya.

“Siapa tahu ada yang menyangkut ajaran iman yang berda-beda, yang harus diperhitungkan. Supaya maksud baik ini tidak menimbulkan masalah baru. Jadi sebaiknya Kemenag melakukan sosialisasi dan juga mengundang para pemuka agama untuk membahas ini terlebih dahulu sebelum diresmikan. Itulah harapan kami,” tegas Ignatius.

Secara terpisah, Sekretaris Eksekutif Konferensi Walinegara Indonesia (KWI) RD. Paulus Christian Siswantoko menyatakan bahwa pihaknya tidak dapat memberikan komentar terkait dengan wacana tersebut.

“Maaf ya saya tidak menanggapi isu tersebut,” pungkasnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat