visitaaponce.com

ASN Kemenag Diminta Dukung KUA sebagai Pusat Layanan Semua Agama

ASN Kemenag Diminta Dukung KUA sebagai Pusat Layanan Semua Agama
Ilustrasi(Antara)

Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki meminta seluruh jajaran di Kementerian Agama mematangkan wacana menjadikan Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai pusat layanan keagamaan, termasuk menjadi tempat pernikahan semua agama. Seluruh ASN dituntut adaptif dan transformatif mengikuti kebijakan yang akan diterapkan.

"Ke depannya, kita ingin KUA tidak hanya untuk urusan menikah umat muslim saja tapi juga seluruh umat jika dibutuhkan. Para ASN di satuan kerja diharapkan dapat adaptif dan transformatif bila kebijakan tersebut diterapkan," ujar Saiful melalui keterangan tertulis, Rabu (28/2).

Saiful menambahkan, sesuai arahan Menteri Agama Yawut Cholil Qoumas, pelayanan bagi semua agama merupakan upaya transformatif Kemenag.

Baca juga : Kemenag Luncurkan Digital Learning Center dan Smart Classroom

"Ini bagian dari Revitalisasi KUA. Saat ini sudah mulai dikaji. Tentu ini menjadi legasi Pak Menteri Agama agar Kementerian Agama ini benar-benar dapat melayani semua umat beragama. Kementerian Agama adalah Kementerian untuk semua agama," tuturnya.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh jajaran ASN Kemenag, khususnya yang bertugas di KUA, untuk mempersiapkan diri.

"Di jajaran bawah, juga akan didorong agar mampu dan siap bertransformasi ke arah yang lebih baik mengikuti arus transformasi digital," imbuhnya.

Sebelumnya, lanjut Saiful, Menag juga telah mengeluarkan edaran yang meminta seluruh kantor Kemenag dapat dipergunakan sebagai tempat beribadah bagi seluruh umat beragama, bila mereka belum memiliki tempat ibadah khusus.

"Ini semata bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi umat sekaligus keberpihakan pemerintah untuk memberikan pelayanan keagamaan yang terbaik," tandasnya. (Z-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat