visitaaponce.com

Hoaks soal Imunisasi Banyak Berkeliaran di Media Sosial

Hoaks soal Imunisasi Banyak Berkeliaran di Media Sosial
Ilustrasi(Antara)

Disinfromasi atau hoaks perihal imunisasi rutin bagi anak menjadi salah satu tantangan yang harus ditangani pemerintah. Masih banyak orangtua yang memercayai informasi yang salah yang mereka dapat dari grup Whatsapp dan media sosial hingga mereka tidak mau memberi vaksin bagi anak.

Oleh karena itu, Menteri Kesehatan Gunadi Sadikin menegaskan bahwa peran dokter di duia digital juga sangat penting. Mereka bisa melakukan edukasi melalui media sosial masing-masing untuk menyebarkan informasi yang akurat.

"Saya bukannya minta teman-teman dokter terlalu agresif menjual, tapi zaman sudah berubah. Karena mereka kan dipercaya ibu-ibu. Bukan untuk promosi atau hal yang negatif. Ilmu mereka itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita mengenai imunisasi," ujar Budi melalui keterangan tertulis, Sabtu (9/3).

Imunisasi merupakan langkah intervensi kesehatan yang efektif untuk menahan penyakit menular. Terdapat 14 imunusasi rutin yang bisa diberikan kepada anak.

"Infeksi yang tinggi saat ini adalah pneumonia sama diare. Itu vaksinnya ada dan sekarang kita kasih. Agar anak-anak kita sehat, intervensinya harus preventif salah satunya adalah imunisasi diberikan secara lengkap supaya daya tahan tubuh mereka lebih siap kalau ada penyakit menular yang menyerang," tandasnya (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat