visitaaponce.com

Epidemiolog Sebut Deteksi, Kesadaran dan Pencegahan Covid-19 Saat Ini Makin Melemah

Epidemiolog Sebut Deteksi, Kesadaran dan Pencegahan Covid-19 Saat Ini Makin Melemah
Ada gap deteksi menurun dan kesadaran tes pencegahan secara riil di masyarakat. (AFP)

KABAR mengenai kasus covid-19 saat ini makin berkurang. Padahal penyebaran kasus covid-19 masih terjadi di seluruh dunia dan masih perlu diwaspadai, terlebih bagi masyarakat dengan komorbid.

Data Kementerian Kesehatan per 3-9 Maret 2024 juga menunjukkan kasus aktif covid-19 mencapai 2.102 dengan kasus sembuh mencapai 123 dan kasus meninggal pada pekan tersebut mencapai 1 orang.

Pakar epidemiologi dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan data tersebut, saat ini tampaknya ada gap dengan kasus yang terjadi secara riil di masyarakat.

Baca juga : KSP: Legitimasi Perppu Penundaan Pilkada Harus Kuat

“Kemungkinan karena deteksi yang menurun dan kesadaran tes juga pencegahan yang makin lemah,” ungkapnya kepada Media Indonesia, Minggu (17/3).

Secara umum, memang di dunia kelompok rawan tetap ada, terutama orang dengan komorbid yang pernah terinfeksi covid-19 berulangkali ditambah tidak melakukan update status vaksinasi.

“Apalagi kalau ada anak yang belum vaksinasi padahal dia punya komorbid. Risiko mengalami keparahan dan kematian bisa terjadi,” tegas Dicky.

Maka dari itu, dia meminta pemerintah untuk menjaga status vaksinasi kelompok rawan agar tetap berjalan dan masyarakat juga harus melakukan update vaksinasi dengan menjalankan booster. (Z-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat