visitaaponce.com

Pemudik Diminta Berhati-Hati dengan Potensi Bencana Hidrometeorologi Basah

Pemudik Diminta Berhati-Hati dengan Potensi Bencana Hidrometeorologi Basah
Pemudik Diminta Berhati-Hati dengan Potensi Bencana Hidrometeorologi Basah( MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE)
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan pada April 2024 ini, sebagian wilayah Indonesia masih berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi basah karena pengaruh beberapa fenomena regional, seperti bibit siklon di selatan Bali-Nusa Tenggara, serta gelombang ekuator Rossby dan Kelvin yang berpengaruh dalam meningkatkan intensitas hujan di Sumatra dan Kalimantan.

Untuk itu, masyarakat yang tengah melakukan mudik di periode ini diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan mencari informasi terkait peta bencana.

“BNPB telah merilis peta mudik siaga bencana dengan mengoverlay peta potensi cuaca dari BMKG dengan data historis kejadian bencana per kab/kota. Masyarakat dapat mengaksesnya untuk melihat kawasan-kawasan yang rawan bencana dalam jalur mudik 2024,” ungkapnya kepada Media Indonesia, Sabtu (6/4).

Secara umum BNPB mengimbau masyarakat dan warga yang mudik untuk mewaspadai jalur mudik di selatan Jawa dengan potensi bencana longsor, tanah amblas, dan banjir bandang. “Sedangkan untuk jalur mudik pantura agar diwaspadai banjir dan banjir rob,” kata Suharyanto.

Baca juga : BNPB Siapkan Ketangguhan Masyarakat Hadapi Bencana  

Untuk Sumatra, jalur lintas tengah dan lintas timur perlu diwaspadai terjadinya banjir, sedangkan jalur lintas barat waspada potensi tanah longsor dan banjir bandang.

Dia juga meminta masyarakat yang mudik agar berhati-hati mengendarai mobil, istirahat setiap 2-3 jam dan perhatikan selalu update prakiraan cuaca dalam perjalanan.

“Jika akan melewati kawasan tebing dan perbukitan, perhatikan agar tidak dalam kondisi hujan, jika hujan manfaatkan waktu untuk istirahat memulihkan stamina dalam perjalanan,” tandasnya. (M-3)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat