visitaaponce.com

Penataan Drainase jadi Kunci Mitigasi Bencana Banjir

Penataan Drainase jadi Kunci Mitigasi Bencana Banjir
Pengendara sepeda motor mendorong motornya yang mogok terendam banjir di Bekasi.(Dok. Antara)

KEPALA Mitigasi Bencana ITB I Wayan Segara mengungkapkan, bencana banjir merupakan bencana yang rutin terjadi di Indonesia, terutama di musim hujan. Karenanya, dibutuhkan langkah mitigasi yang tepat, salah satunya penataan drainase.

I Wayan menjelaskan, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak wilayah dengan risiko tinggi terhadap bencana alam, di antaranya banjir, cuaca ekstrem, gempa bumi dan tsunami. Adapun, bencana banjir mendominasi bencana yang terjadi di Indonesia.

“Khususnya di perkotaan. Penataan drainase harus menjadi perhatian utama dalam pengurangan mitigasi risiko banjir,” kata Wayan saat dihubungi, Sabtu (18/5).

Baca juga : Di Bawah 25 Menit, Target Waktu Basarnas untuk Respons Bencana

Menurut dia, perlu juga dilakukan evaluasi kecukupan drainase yang ada serta perencanaan pembangunan yang baru. Hal itu merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi bencana banjir yang sering terjadi di wilayah perkotaan.

Plt Ketua Pusat Studi Bencana Alam Universitas Gadjah Mada Muhammad Anggri Setiawan mengungkapkan, pengarusutamaan informasi kebencanaan menjadi sangat penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat.,

“Salah satu strategi penting dalam pengarusutamaan informasi kebencanaan adalah mempopulerkan isu-isu kebencanaan di tengah masyarakat. Hal ini perlu dilakukan dengan mempertimbangkan demografi, budaya, dan kebiasaan masyarakat setempat,” kata Anggri.

Baca juga : Waspadai Banjir, Tanggul Bengawan Solo di Tuban Segera Dibangun

Menurut dia, dengan memahami informasi kebencanaan yang relevan dengan konteks kehidupan mereka, masyarakat akan lebih siap dalam menghadapi dan mengurangi dampak negatif dari bencana.

“Upaya ini diharapkan dapat membangun budaya tanggap bencana yang kuat dan menyeluruh di masyarakat,” pungkasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat