visitaaponce.com

Drainase Buruk Picu Banjir di Jakarta

Drainase Buruk Picu Banjir di Jakarta
Pengendara sepeda motor melewati genangn air saat hujan deras di kawasan Alteri Pondok Indah Jakarta(MI/Ramdani)

PENGAMAT Tata Kota Universitas Trisakti Nirwono Yoga menyebut bahwa genangan air yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta pada pekan lalu diakibatkan oleh buruknya sistem saluran air yang tidak berfungsi dengan baik.

"Banjir kemarin di berbagai titik lebih disebabkan buruknya sistem saluran air yang tidak berfungsi dengan baik," kata Nirwono saat dihubungi, Selasa (5/3).

Seperti diketahui, hujan yang terjadi pada pekan lalu menyebabkan sejumlah titik di Jakarta terendam banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat terdapat sembilan RT di Jakarta Barat dan Jakarta Timur yang terendam banjir.

Baca juga : 4 Ruas Jalan di Jakarta Utara Tergenang Banjir

Selain itu, terdapat 38 ruas jalan di Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara yang juga terendam banjir pada Kamis (29/2).

Nirwono mengatakan, sudah saatnya Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan rehabilitasi terhadap seluruh saluran air, mulai dari titik banjir yang terjadi pekan lalu dan bertahap hingga lokasi langganan banjir yang jauh dari sungai.

Selain itu, menurut Nirwono, Pemprov DKI Jakarta juga harus membenahi sungai-sungai untuk mengantisipasi banjir kiriman dan merestorasi kawasan pesisir untuk mengatasi banjir rob.

"Perlu juga revitalisasi situ, danau, embung, waduk untuk meningkatkan kapasitas daerah tangkapan air dan menambah luas ruang terbuka hijau (RTH) sebagai daerah resapan air," ujar Nirwono. (Fik/Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat