visitaaponce.com

SDA DKI Kapasitas Tampung Drainase tidak Cukup Saat Hujan Deras Durasi Lama

SDA DKI: Kapasitas Tampung Drainase tidak Cukup Saat Hujan Deras Durasi Lama
Genangan Air di Jalan Jakarta(MI/RAMDANI)

PEMERINTAH Provinsi atau Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) menyebutkan bahwa banjir yang terjadi beberapa waktu lalu salah satunya akibat curah hujan ekstrem serta durasi hujan yang berlangsung lama.

"Berdasarkan data pemantauan, curah hujan ekstrem menyentuh angka 157mm/hari terjadi di kawasan Kelapa Gading pada beberapa waktu lalu," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Ika Agustin Ningrum melalui pesan singkat, Kamis (7/4).

Ia juga menjelaskan, terjadinya genangan di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara juga disebabkan hujan dengan durasi yang panjang yakni 11-13 jam.

Baca juga : Pj Gubernur DKI Heru Budi akan Bangun Pompa Air di Kali Sunter pada 2025

Ika mengatakan durasi hujan yang lama menyebabkan debit air yang tinggi pada waktu bersamaan, sehingga melebihi kapasitas tampung drainase yang ada.

Oleh karena itu, Ika mengerahkan jajarannya untuk meminimalisir genangan salah satunya pengerukan drainase.

"Ini untuk menjaga saluran tersebut tetap bekerja secara optimal. Dinas SDA DKI juga menyiagakan pompa mobile dan personil satgas untuk mempercepat penanganan secara langsung ke titik yang terjadi genangan," pungkasnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika(BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah Jakarta cerah berawan, pada Kamis (7/3) pagi.

"Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Kabupaten Kepulauan Seribu diprediksi mengalami kondisi cuaca cerah berawan," tulis BMKG di laman resminya. (Far/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat