visitaaponce.com

Kartini Modern Mengadvokasi Hak Perempuan Penyandang Disabilitas

Kartini Modern: Mengadvokasi Hak Perempuan Penyandang Disabilitas
Hak penyandang disabilitas(MI/Adi Kristiadi)

HARI Kartini di Indonesia bukan hanya tentang memperingati kontribusi Raden Ajeng Kartini (R A Kartini) dalam mengadvokasi hak-hak perempuan, tetapi juga tentang memperluas pemahaman kita tentang kesetaraan gender dalam konteks yang lebih inklusif.

"Saat ini, perempuan penyandang disabilitas menghadapi tantangan lintas sektoral yang sering kali terabaikan dalam perjuangan kesetaraan," kata Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Peningkatan Kesadaran Himpunan Wanita Penyandang Disabilitas Indonesia, Rina Prasarani, Minggu (21/4).

Perempuan penyandang disabilitas menghadapi hambatan khusus seperti terbatasnya akses terhadap pendidikan, praktik ketenagakerjaan yang diskriminatif, layanan kesehatan yang terbatas, dan stigmatisasi sosial. Mereka sering kali menghadapi hambatan fisik dan sosial yang meminggirkan mereka dari masyarakat.

Baca juga : Selamat Hari Kartini! Mengenang 3 Pahlawan Perempuan Indonesia yang Membawa Perubahan

Oleh karena itu, kolaborasi sangat penting dan diperlukan untuk mengatasi tantangan-tantangan ini. Langkah-langkah konkret yang dapat dilakukan antara lain dengan menyediakan aksesibilitas yang lebih baik di sekolah dan tempat kerja.

"Kemudian memberikan pelatihan khusus untuk meningkatkan keterampilan mereka, memperkuat perlindungan hukum terhadap diskriminasi, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak-hak penyandang disabilitas," ujar dia.

Sebagai Kartini Indonesia, harus bersatu untuk memastikan bahwa semua perempuan, termasuk penyandang disabilitas, memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkontribusi kepada masyarakat.

"Harapan kami adalah menciptakan lingkungan yang inklusif dan suportif di mana setiap perempuan merasa dihargai dan didukung dalam mengejar impian dan potensi mereka. Hanya dengan bersama-sama kita dapat mewujudkan visi Kartini untuk kesetaraan dan keadilan bagi semua perempuan di Indonesia," pungkasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat