visitaaponce.com

Bantu Penanganan Pasien Gagal Ginjal, RS Hermina Kembangkan Layanan Transplantasi Ginjal

Bantu Penanganan Pasien Gagal Ginjal, RS Hermina Kembangkan Layanan Transplantasi Ginjal
Ilustrasi transplantasi ginjal.(Dok. Freepik)

CANGKOK atau transplantasi ginjal merupakan terapi paling ideal untuk pasien gagal ginjal. Namun, saat ini belum banyak rumah sakit (RS) di Indonesia yang dapat melaksanakan prosedur transplantasi ginjal. Hal itu menjadi salah satu pendorong bagi PT Medikaloka Hermina, yang menaungi jaringan RS Hermina, untuk mengembangkan layanan transplantasi ginjal.

Director Human Capital PT Medikaloka Hermina, Tbk, drg. Susi Setiawaty, MARS., FISQua, menjelaskan, pengembangan layanan ini dilakukan melalui kerja sama dengan Hiroshima University Hospital, Jepang. Direncanakan, layanan transplantasi ginjal akan menjadi unggulan di RS Hermina Grand Wisata, Bekasi dan RS Hermina Daan Mogot, Jakarta Barat.

“Kami masih berproses, termasuk melengkapi perizinan dan persyaratan administrasi sesuai regulasi. Kami berharap, nantinya layanan transplantasi ginjal ini dapat membantu pemerintah dalam menangani pasien gagal ginjal. Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini pasien cuci darah (hemodialisis) di Indonesia jumlahnya cukup banyak. Semoga layanan ini nantinya dapat menurunkan cost yang dikeluarkan BPJS Kesehatan untuk pasien cuci darah,” terang Susi di acara Hermina Fun Run 2024 yang menjadi puncak acara HUT ke-39 RS Hermina, di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (21/4/2024).

Baca juga : Pasien Gagal Ginjal Kerap Acuhkan Perawatan Pascatransplantasi

Pada kesempatan sama, Koordinator Direktur Regional PT Medikaloka Hermina, Tbk, drg. Iing Ichsan Hanafi, MARS, MH, mengungkapkan, pengembangan layanan transplantasi ginjal merupakan bagian dari kelanjutan transformasi RS Hermina dari yang sebelumnya identik sebagai RS ibu dan anak menjadi RS umum.

“Transformasi ini sudah dilakukan sejak tahun 2000-an. Saat ini kami tengah mengembangkan layanan-layanan unggulan di sejumlah RS Hermina. Seperti layanan onkologi (kanker) di RS Hermina Bekasi Barat, juga layanan jantung di RS Hermina Depok dan Kemayoran,” terangnya.

Pengembangan pelayanan umum ditandai dengan perubahan logo pada 17 Agustus 2023. Selain itu, RS Hermina juga mengembangkan aplikasi Super Mobile App, sebuah aplikasi yang menghubungkan masyarakat dengan pelayanan kesehatan RS Hermina di seluruh Indonesia. Saat ini, ada 47 RS Hermina yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dengan total jumlah tempat tidur pasien lebih dari 6.800 bed. Sosialisasi tentang penggunaan Super Mobile App Hermina juga menjadi bagian dari acara Hermina Fun Run 2024.

Hermina Fun Run 2024

Sementara itu, acara Hermina Fun Run 2024 melibatkan 1.000 pelari dengan pilihan jarak 5 km dan 10 km. Para peserta merasakan pengalaman lari yang menyenangkan dengan rute yang dilengkapi water spot hingga pelayanan medis di sejumlah titik untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para peserta.

“Acara Hermina Fun Run 2024 ini diharapkan menjadi semangat baru bagi masyarakat untuk hidup sehat, serta semangat bagi RS Hermina agar dapat tumbuh semakin besar dan terus memperluas jaringan pelayanan kesehatan secara profesional, bertanggung jawab, dan terus berperan aktif meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien sesuai dengan standar pelayanan kesehatan di Indonesia,” pungkas Susi. (RO/B-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eni Kartinah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat