visitaaponce.com

Penyebab Kebakaran RS Hermina Depok Masih Diselidiki

Penyebab Kebakaran RS Hermina Depok Masih Diselidiki
Evakuasi pasien saat kebakaran melanda RS Hermina Depok, Sabtu (22/7) malam.(Istimewa)

DUA peristiwa kebakaran terjadi dua hari berurutan di Kota Depok. Pada Sabtu (22/7) malam menjelang Minggu dini hari (23/7) kebakaran terjadi di Rumah Sakit (RS) Ibu dan Anak Hermina Kota Depok.

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, " kata Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Welman Naipos-pos, Minggu (23/7).

Welman mengatakan kebakaran di RS Ibu dan Anak Hermina dari dapur lantai 5 yang berukuran sekitar 3 x 6 meter persegi. " Dari dapur lantai 5, "katanya.

Baca juga : Kebakaran Landa RS Hermina Depok, Pasien Dievakuasi Ke Luar Gedung

Petugas pemadam kebakaran dibantu warga memadamkan api yang membakar bangunan gedung rumah sakit di Jalan Siliwangi Raya, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas tersebut.

Api yang tiba-tiba membesar dari lantai 5 tersebut mengakibatkan bangunan lantai 5 hangus. Sementara pasien-pasien dan para petugas medis panik. Beberapa dari mereka bahkan pingsan.

Baca juga : Kebakaran Hanguskan Puluhan Rumah, Pemkot Palembang: Bencana Nasional

Saat melakukan pemadaman, Welman mengatakan petugas mengalami hambatan. Hambatan yang dialami adalah kopel siamese connection yang dimiliki RS tidak sama dengan kopel selang yang dimiliki pihaknya. Akibatnya petugas kesulitan menerobos kobaran si jago merah.

Dalam melakukan pemadaman, lanjutnya pihaknya menggunakan selang semprot 2,5 inch 4 buah, selang semprot 1,5 inch 6 buah, nozzle variabel 1,5 inch 2 buah, way connection, dan senter.

"Kami juga mengerahkan 62 personel dan 13 unit mobil pemadam yang masing-masing berisi 3 500 liter air."

Saat kebakaran, sambungnya petugas kebakaran menerima laporan pukul 22.05 WIB, berangkat ke tempat kejadian perkara atau TKP pukul 22.08 WIB. Tiba di TKP pukul 22.15 WIB titik aman terkendali pukul 23.30 WIB kembali ke markas pukul 00 WIB.

Sebelumnya pada Sabtu dini hari (22/7), kebakaran juga terjadi di lokasi yang berbeda di Jalan Salak RT 001 RW 06 Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Dalam kejadian tersebut satu bangunan bertingkat dan satu ruko ludes dilalap api. Lantai satu dari bangunan bertingkat adalah tempat usaha indomart. Sedangkan lantai atas (dua) tempat kos yang dihuni para mahasiswa. Adapun satunya lagi ruko tempat menjual alat bantu pendengaran.

Menurut Welman yang terjun langsung memimpin pemadaman tersebut, api bersumber dari lantai dua atau tempat kos. Akibat kebakaran ini, ada lima penghuni tempat kos terluka. Kerugian ditaksir Rp1 miliar.

Welman mengimbau warga untuk lebih berhati-hati saat cuaca seperti saat ini pada musim kemarau. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat