visitaaponce.com

Kebakaran Hanguskan Puluhan Rumah, Pemkot Palembang Bencana Nasional

Kebakaran Hanguskan Puluhan Rumah, Pemkot Palembang: Bencana Nasional
Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda meninjau lokasi kebakaran di Kelurahan 36 Ilir Palembang, Kamis (20/7/2023).(MI/Dwi Apriani.)

PULUHAN rumah di kawasan 36 Ilir Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel), hangus dilalap api, Rabu (19/7) siang. Diketahui, ada 24 tempat tinggal milik warga yang terbakar habis. Api sendiri diduga karena kebocoran tabung gas.

"Sebanyak 24 rumah terbakar. Ini terdiri dari 5 rumah pribadi dan 19 rumah kontrakan," ungkap Direktur Ditpolairud Polda Sumsel, Kombes Andreas Kusmaedi, Kamis (20/7).

Ia menjelaskan tim Ditpolairud Polda Sumsel yang sedang bersandar di dermaga 30 Ilir Palembang membantu pemadaman api dari kawasan pesisir Sungai Musi. Sedangkan tim darat dipimpin oleh Petugas Damkar Palembang berusaha memadamkan dari darat. "Tim kita ikut membantu memadamkan dan mendata korban jiwa dari kebakaran ini," ujar dia.

Baca juga: Pernikahan Anjing Beradat Jawa, Dinas Kebudayaan DIY Angkat Bicara

Andreas menjelaskan, meski ada saksi mata yang mengatakan kebakaran dipicu gas yang bocor, pihaknya mengaku belum bisa memastikan hal tersebut. "Sejauh ini penyebab kebakaran masih kita selidiki," jelas dia. 

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, kebakaran itu dinilai cukup besar karena menghanguskan puluhan rumah. "Ini kategori bencana nasional. Oleh karena itu kami berharap kepada pemerintah pusat dan provinsi untuk turut membantu korban-korban kebakaran," kata dia.

Baca juga: Polisi Ambil Sampel Tabung Gas dari Olah TKP Kebakaran Gedung K-Link

Dijelaskan Fitri, saat ini telah tercatat sebanyak 150 kasus kebakaran terjadi sejak awal 2023 hingga saat ini. "Ini merupakan musibah terbesar di 2023 dengan kategori bencana nasional yakni d iatas 10 rumah," jelas Fitri.

Pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi bersama PLN, Damkar, Basarnas, serta instansi lain terkait sosialisasi kepada masyarakat terhadap tindakan yang harus dilakukan saat menghadapi bencana kebakaran. "Kalau memang memungkinkan, potensi-potensi penyebab kebakaran dapat kita perkecil. Untuk penyebab kebakaran kali ini masih belum dapat kita sampaikan, karena dari pihak kepolisian masih dalam penyelidikan," pungkasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat