visitaaponce.com

Google Doodle 29 April Memperingati Tari Rangkuk Alu dari Manggarai

Google Doodle 29 April Memperingati Tari Rangkuk Alu dari Manggarai
Google Doodle 29 April 2024 menggambarkan Tari Rangkuk Alu dari Manggarai(Google)

GOOGLE Doodle hari ini merayakan Tari Rangkuk Alu dari Manggarai sebagai bagian dari perayaan Hari Tari Sedunia yang jatuh pada tanggal 29 April. 

Tampilan Doodle ini memperlihatkan keindahan dan keunikan dari tarian tradisional ini yang berasal dari masyarakat Manggarai.

Menurut laman resmi Kabupaten Manggarai, Tari Rangkuk Alu awalnya adalah sebuah permainan tradisional yang dimainkan oleh masyarakat Manggarai. Dalam permainan ini, bambu disusun dan dimainkan dengan cara diayunkan sehingga menyerupai gerakan menjepit, melibatkan beberapa pemain. 

Baca juga : Menikmati Keindahan Pantai dan Budaya Bali di Mercure Bali Resort Sanur

Beberapa dari mereka bahkan harus melompat-lompat untuk menghindari jepitan dari bambu tersebut.

Tari Rangkuk Alu dapat dinikmati oleh semua kalangan usia, seperti yang dijelaskan oleh Google Doodle. Gerakan yang dilakukan oleh penari dan peserta yang memainkan bambu ini kemudian diselaraskan dengan irama musik dan lagu-lagu daerah, menciptakan seni yang khas dari Tari Rangkuk Alu.

"Instrumen seperti drum dan gambang terkadang melengkapi irama pemukulan batang bambu. Penari boleh mengenakan rok panjang, hiasan kepala, atau melambaikan ujung selendang saat menavigasi bambu," tulis keterangan Google Doodle.

Baca juga : Ribuan Pengunjung Meriahkan Kartini Taiwan Music Festival

Untuk memainkan Tari Rangkuk Alu, diperlukan konsentrasi yang tinggi agar terhindar dari benturan dengan bambu, dan pemain menggunakan kesempatan ini sebagai latihan untuk meningkatkan ketangkasan, keseimbangan, dan koordinasi mereka.

Selain sebagai sebuah permainan, masyarakat Manggarai juga menemukan nilai spiritual dan filosofis dalam tarian ini. Mereka yang terlibat dalam mempertahankan dan melestarikan kekayaan budaya Tari Rangkuk Alu.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang asal usul dan cara bermain Tari Rangkuk Alu, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga : Selamat Hari Kartini 2024! Kenali Perkembangan dan 5 Jenis Kebaya di Indonesia

Asal-Usul Tari Rangkuk Alu

Tari Rangkuk Alu berasal dari permainan tradisional di mana empat orang berperan sebagai pemegang dan penggerak tongkat bambu, sementara orang lain harus melompati celah yang ada agar tidak terjepit oleh bambu tersebut. 

Cara Bermain

Berikut adalah langkah-langkah bermain Tari Rangkuk Alu:

1. Pemilihan Tim

Permainan ini memerlukan minimal lima orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok akan bertindak sebagai pengendali bambu, sementara yang lainnya akan menjadi pemain yang melompati bambu.

Baca juga : Mengenal Aksara Sunda Beserta Contoh, Sejarah dan Penggunaannya

2. Pengendali Bambu

Kelompok yang mengendalikan bambu terdiri dari empat orang yang duduk jongkok sambil menggerakkan bambu sesuai dengan ketukan dan irama lagu. Mereka bertugas memastikan bahwa bambu bergerak sesuai dengan ritme yang telah ditentukan.

3. Pemain

Pemain Tari Rangkuk Alu, yang akan melompati bambu, mendapat giliran untuk bermain. Mereka berada di dalam bidang persegi dan melompat sesuai dengan pembukaan dan penutupan bambu, sambil berusaha menghindarinya.

4. Penyanyian Lagu

Permainan ini sering disertai dengan menyanyikan lagu-lagu daerah bersama-sama. Baik pengendali bambu maupun pemain, mereka menyanyikan lagu tersebut sambil menjalankan permainan.

Untuk memainkan Tari Rangkuk Alu, diperlukan empat batang bambu dengan panjang sekitar dua meter sebagai peralatan utama.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat