visitaaponce.com

LRT Jakarta Sampai Manggarai, Kepadatan Stasiun Manggarai Bakal Terpecah

LRT Jakarta Sampai Manggarai, Kepadatan Stasiun Manggarai Bakal Terpecah
Pembangunan LRT Jakarta fase 1B sudah dimulai dan diharapkan dapat mempermudah mobilitas masyarakat menggunakan angkutan umum di Manggarai.(MI/Usman Iskandar)

PEMPROV DKI Jakarta secara resmi memulai pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai. Rute ini merupakan lanjutan dari LRT Jakarta Fase 1A Stasiun Pegangsaan 2-Velodrome yang sudah beroperasi sejak 1 Desember 2019.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, rute ini ditargetkan selesai pada 2026. Jika nanti sudah selesai dan tersambung seluruhnya, waktu tempuh yang dibutuhkan dari Stasiun Pegangsaan 2 sampai ke Stasiun Manggarai hanya 26 menit.

"Kalau beroperasi sampai Pramuka di 2024. Kalau sampai Manggarai nanti di 2026," kata Heru usai meresmikan pembangunan LRT Jakarta Fase 1B di Jl Pemuda Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (30/10).

Baca juga: Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B ke Manggarai Resmi Dimulai

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan kehadiran LRT Jakarta sampai ke Manggarai akan semakin memudahkan mobilitas masyarakat menggunakan angkutan umum di Manggarai. Nantinya pengguna angkutan umum dapat berpindah moda ke KRL maupun KA bandara dengan efisien dan efektif.

Kehadiran LRT Jakarta pun diyakini Syafrin tidak akan menambah kepadatan Manggarai namun justru dapat memecah kepadatan Manggarai saat ini. Menurut data KAI Commuter, Stasiun Manggarai digunakan hingga 150 ribu orang sampai 200 ribu per hari. Sebab, warga yang hendak bermobilitas ke Jakarta Timur dapat menggunakan LRT Jakarta sebagai salah satu alternatif transportasi.

Baca juga: Roda Kereta Banyak yang Aus, LRT Jabodebek Cuma Operasikan 9 Trainset

"Justru dengan adanya LRT ini akan memecah penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai yang saat ini terjadi," ujarnya.

Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B ini sempat molor karena rencananya dilakukan pada Agustus lalu. Meskipun demikian, Syafrin menjamin pembangunan LRT Jakarta akan tetap selesai sesuai target yakni beroperasi sampai ke Pramuka di 2024 dan selesai seutuhnya ke Manggarai di 2026.

"Percepatan kan contohnya kita akan melakukan pembangunan secara kontinyu, mulai dari sini sebagian. Kemudian beberapa akan dilakukan secara pembangunan secara tetap," tukasnya.

LRT Jakarta Fase 1B direncanakan memiliki lima stasiun yakni Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai. Saat ini dari PT LRT Jakarta mengenakan tarif datar Rp5 ribu per orang untuk rute Fase 1A Stasiun Pegangsaan 2-Velodrome.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Iwan Takwin mengatakan, perihal tarif LRT Jakarta setelah usainya pembangunan hingga ke Manggarai akan dikaji oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta. "Nanti dikaji oleh Dishub," tuturnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat