visitaaponce.com

Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B ke Manggarai Resmi Dimulai

Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B ke Manggarai Resmi Dimulai
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) saat meresmikan pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai, Senin (30/10).(MI/Putri Anisa Yuliani)

MENTERI Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan dimulainya pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai, hari ini, Senin (30/10). Peresmian pembangunan dilakukan di depan Stasiun Velodrome, Jakarta Timur. Semula Presiden Joko Widodo berencana menghadiri peresmian namun batal hadir dalam agenda tersebut.

Jalur LRT itu akan melanjutkan rute LRT Jakarta Fase 1 A Pegangsaan 2-Velodrome yang telah beroperasi sejak 1 Desember 2019 lalu. 

Total LRT Jakarta akan memiliki 11 stasiun yakni Stasiun Pegangsaan 2, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, serta Stasiun Velodrome di Fase 1A yang sudah beroperasi.

Baca juga: Roda Kereta Banyak yang Aus, LRT Jabodebek Cuma Operasikan 9 Trainset

Kemudian pada fase 1B terdapat Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai dengan panjang rute 6,4 km.

Heru mengatakan, bila Fase 1A dan Fase 1B telah tersambung, jalur LRT Jakarta akan membentang sepanjang 12,2 km dengan 11 stasiun.

"Jalur ini akan dapat ditempuh dalam waktu 26 menit," kata Heru.

Baca juga: 28 Perjalanan LRT Jabodebek Dibatalkan, Jumlah Penumpang Menurun

Dalam kesempatan yang sama, Menhub Budi Karya Sumadi berharap Jakarta dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain dalam hal pembangunan transportasi massal.

"Jakarta adalah satu kota jadi pattern, satu model bagi kota-kota di Indonesia. Niat baik Pemda sangat diapresiasi karena dengan adanya anggaran dari pemda sendiri, inisiasi dari pemda sendiri menghasilkan angkutan perkotaan akan jadi contoh bagi provinsi lain," ujar Budi.

Selain itu, ia berharap dengan masifnya pembangunan transportasi massal di Jakarta yang terintegrasi dapat mengurangi kemacetan yang saat ini masih menjadi masalah yang belum terselesaikan di Jakarta.

"Kita lihat yang dilakukan nanti menurunkan kemacetan, meningkatkan tenaga kerja dan ekonomi. Dengan adanya sampai Manggarai maka integrasi MRT, LRT, KRL bahkan kereta cepat, sehingga integrasi lebih baik (dan) warga bisa gunakan," imbuhnya.

LRT Jakarta Fase 1B dibangun oleh PT Jakarta Propertindo serta ditargetkan dapat selesai pada akhir 2024 mendatang dan membutuhkan anggaran Rp5,5 triliun untuk pembangunan yang bersumber dari APBD DKI Jakarta. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat