visitaaponce.com

28 Perjalanan LRT Jabodebek Dibatalkan, Jumlah Penumpang Menurun

28 Perjalanan LRT Jabodebek Dibatalkan, Jumlah Penumpang Menurun
LRT Jabodebek(MI)

JUMLAH penumpang LRT Jabodebek menurun semenjak PT KAI melakukan pembatalan 28 jadwal perjalanan kereta terhitung sejak 18 Oktober lalu. Dari data LRT Jabodebek yang diperoleh Media Indonesia, jumlah penumpang LRT Jabodebek menurun 8%.

Pada 11 Oktober misalnya, jumlah penumpang LRT Jabodebek adalah sebesar 37.779 orang. Angka itu turun menjadi 34.382 orang pada 18 Oktober.

Manajer Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan, pembatalan jadwal perjalanan itu tidak dapat dihindari karena adanya rangkaian kereta (trainset) yang harus mendapat perawatan sarana.

Baca juga: Punya 50 Juta Penduduk, Jawa Barat Butuh Transportasi Massal

"Untuk saat ini, kami dengan terpaksa membatalkan sebanyak 28 perjalanan untuk mengatur operasional agar tetap bisa melayani penumpang dengan baik," kata Kuswardoyo saat dihubungi Media Indonesia, Senin (23/10).

Sebelumnya, penumpang LRT Jabodebek sempat mengalami menunggu datangnya kereta terlalu lama pada Rabu (18/10). Hal ini disebabkan ditariknya 15 trainset dari total 31 trainset yang dimiliki LRT Jabodebek untuk perawatan. Sebanyak 13 trainset dilakukan perawatan pembubutan roda. Sementara pada 2 trainset mengalami gangguan pada integrasi sistem persinyalan.

Baca juga: 28 Perjalanan LRT Jabodebek Dibatalkan Akibat Perawatan Sarana

Sementara itu, setelah diberlakukannya tarif resmi, jumlah penumpang LRT Jabodebek cenderung stabil di angka 33.856 orang per hari. Kuswardoyo pun belum dapat memastikan selesainya perawatan 15 trainset tersebut. Setiap trainset membutuhkan waktu 5-7 hari untuk perawatan.

"Sampai sarananya siap untuk  melengkapi operasional tersebut, semoga bisa segera selesai. Kami akan informasikan lebih lanjut jika ada perubahan pada operasional LRT Jabodebek," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat