visitaaponce.com

Kemenhub Prioritaskan Penyediaan Kendaraan Listrik di IKN

Kemenhub Prioritaskan Penyediaan Kendaraan Listrik di IKN
MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.(Dok. Antara)

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan pihaknya mendukung penuh penyediaan kendaraan listrik di kawasan Ibu Kota Negara (IKN Nusantara), Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Menhub saat melakukan kunjungan kerja di ibu kota baru Indonesia, Senin (3/6).

“Kemenhub memprioritaskan penyediaan alat transportasi rendah emisi, dalam hal ini kendaraan listrik di kawasan IKN. Ini penting untuk menjaga kualitas udara di wilayah IKN,” kata Menhub dalam keterangan resmi, Selasa (4/6).

Menhub menjelaskan, untuk mencapai nol emisi di kawasan IKN, Kemenhub telah menyiapkan beberapa strategi yang efektif, seperti menyiapkan layanan angkutan antarmoda di wilayah penyangga IKN menuju ke kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN. Kendaraan yang akan beroperasi antara lain yakni angkutan antarmoda di rest area tol Balikpapan-Samarinda untuk menuju ke IKN dan angkutan bus listrik ke Samarinda-IKN rute Park n Ride 2.

Baca juga : Kemenhub Targetkan Uji Coba Bandara IKN Juli 2024

Untuk diketahui, layanan angkutan antarmoda Balikpapan - IKN via Simpang Samboja sudah beroperasi sejak 1 November 2022. Adapun setelah beroperasinya jalan tol IKN, layanan angkutan antarmoda Balikpapan-IKN akan berganti menjadi via tol, begitu pula dengan layanan angkutan antarmoda Samarinda-IKN.

“Setelah beroperasinya jalan tol, titik akhir layanan untuk bus non listrik di Park and Ride 2 sebagai titik transit dan para penumpang akan beralih moda dengan angkutan kendaraan listrik," terangnya.

Lebih lanjut, terkait layanan bus listrik, Kemenhub telah melaksanakan kajian perencanaan teknis angkutan umum di KIPP tahap 1 dengan mengusulkan 3 rute trayek. Ketiga trayek tersebut yakni rute Park & Ride sampai Masjid Raya dengan total kebutuhan 13 bus medium, rute Park & Ride sampai Botanical Garden dengan total kebutuhan armada tujuh bus medium dan rute Park & Ride 1 sampai Park & Ride 2 dengan total kebutuhan 21 armada.

Baca juga : Menhub: November, Bandara VVIP di IKN Mulai Konstruksi

Budi juga menjelaskan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) juga berencana bekerja sama dengan Blue Bird untuk melayani rute di dalam IKN atau KIPP tahap 1, dalam hal ini terkait pengadaan bus listrik dan rencana operasionalnya.

Kemenhub juga akan memberikan dukungan terkait transportasi dalam rangka peringatan HUT RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang. Dukungan yang diberikan adalah penyediaan armada untuk mobilisasi peserta upacara dengan rute Bandara-Hotel dan Hotel KIPP IKN via Park & Ride 2.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat