visitaaponce.com

Menhub Klaim Proses Pembangunan Infrastruktur Indonesia Tumbuh Cukup Merata

Menhub Klaim Proses Pembangunan Infrastruktur Indonesia Tumbuh Cukup Merata
Terminal Tipe B Sigli, Aceh(MI/Amiruddin Abdullah Reubee)

MENTERI Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa dalam 10 tahun terakhir terjadi suatu rangkaian proses pembangunan infrastruktur transportasi yang cukup merata.

Pembangunan ini, meliputi pembangunan dan revitalisasi Terminal Tipe A yang lebih luas dan modern, pengembangan bandara serta pelabuhan yang mampu menampung volume yang lebih besar, dan pembaharuan transportasi massal seperti MRT, LRT, dan Kereta Cepat.

"Patut diketahui bahwa banyak sekali bandara-banda yang kita renovasi sehingga lebih baik, banyak sekali stasiun kereta api yang kita perbaiki dengan baik, juga terminal tipe A di Jawa dan luar Jawa yang kita lakukan," katanya di Forum Diskusi Sektor Transportasi "Satu Dekade Pembangunan Infrastruktur Transportasi" pada Jumat (17/5).

Baca juga : Menhub: JPM Dukuh Atas Dapat Menjadi Contoh Pengembangan Infrastruktur Transportasi

Dalam 1 dekade terakhir, Presiden Jokowi, sebut Budi juga menginisiasi berbagai transportasi yang paling diunggulkan yakni LRT, MRT, dan Kereta Cepat.

Ini menjadi suatu kebanggaan bagi Indonesia selain kita menggunakan bus listrik yang nanti akan kita lakukan di IKN.

Dalam 1 dekade terakhir, lanjut Budi, di sektor darat terdapat 85 pengembangan pelabuhan penyeberangan, 65 pembangunan dermaga penyeberangan, 12 pembangunan pelabuhan penyeberangan baru dan 6 kota metropolitan dengan sistem angkutan massal perkotaan.

Baca juga : Pembangunan Terminal Bus Tipe A Purworejo, Jateng, Mulai Dilakukan

"Di sektor laut terdapat 39 trayek tol laut serta 51 pembangunan dan pengembangan pelabuhan, pengembangan fasilitas pelabuhan, replacement, dan pembangunan kapal rehab fasilitas pelabuhan. Ini menggambarkan dari 2015 banyak sekali hal yang bisa kita lakukan dan memberikan suatu upaya mempersatukan Indonesia," terangnya.

Di sektor kereta api, telah ada pembangunan jalur kereta api dalam 1 tahun terakhir telah dibangun sepanjang 10.709 kilometer, 58 lokasi pembangunan dan modernisasi stasiun kereta api.

"Sedangkan di sektor udara telah dibangun sebanyak 26 bandar udara (Bandara) baru dan 41 rute jembatan udara," ungkap Budi.

Sementara itu, terkait dengan Proyek Strategis Nasional (PSN), di sektor transportasi terdapat 25 dari total 35 PSN yang telah diselesaikan. Proyek tersebut meliputi pembangunan bandara 7 proyek, kereta api 7 proyek, dan pelabuhan 11 proyek. Sisanya, 10 proyek PSN Sektor Transportasi saat ini dalam masa penyelesaian, dengan 4 proyek yang akan selesai di Tahun 2024, meliputi 2 proyek di sektor kereta api dan 2 proyek di sektor pelabuhan. (Fal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat