visitaaponce.com

Menhub November, Bandara VVIP di IKN Mulai Konstruksi

Menhub: November, Bandara VVIP di IKN Mulai Konstruksi
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pada 22 Agustus 2023.(Antara )

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan pembangunan Bandara Very Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mulai November mendatang.

Ia menyebut lokasi pembangunan bandara VVIP di ibu kota baru telah ditetapkan dan memasuki finalisasi gambar dan akan memulai proses tender.

"Kita rencanakan Rabu, 1 November 2023 sudah mulai konstruksi dan diharapkan selesai pertengahan Juli 2024," ujar Menhub dalam keterangan resmi, Jumat (22/9).

Baca juga: Bank Tanah Siapkan Lahan untuk Bandara VVIP di Kawasan IKN Kalimantan

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan Bandara VVIP IKN memiliki landasan pacu atau runway 3000 x 45 meter dan bakal mampu didarati pesawat berbadan besar jenis Boeing 777-300 ER dan Airbus A380. Adapun kapasitas apron mampu menampung tiga pesawat berbadan besar (wide body), lalu tujuh pesawat berbadan kecil (narrow body), serta menyediakan kapasitas helipad dengan menampung tiga helikopter.

“Beberapa hal yang menjadi catatan dari Bapak Presiden Jokowi terkait Bandara VVIP ini yaitu memadukan unsur kearifan lokal dan modern, serta harus ramah lingkungan," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (22/9).

Baca juga: Presiden Ajak Artis hingga Influencer Lihat Pembangunan IKN

Menhub menegaskan IKN adalah kota masa depan yang akan menjadi contoh kota-kota lain di Indonesia. Oleh karenanya, aksesibilitas dan konektivitas antar titik harus disediakan dengan baik. Terminal Bandara VVIP IKN dibangun diatas lahan seluas 7.000 meter persegi, sedangkan terminal VIP memiliki 5.000 meter persegi.

“Bandara terletak sekitar 15 kilometer dari pusat IKN dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit. Ini harus dipersiapkan secara baik," terangnya.

Unsur kearifan lokal yang akan ditonjolkan dalam desain terminal bandara VVIP di IKN di antaranya bernuansa Rumah Panjang, Burung Rangkok, dan lukisan garis lengkung khas Kalimantan.

Rumah Panjang merupakan rumah khas suku Dayak di Kalimantan dan akan ditonjolkan pada bangunan bandara dan pelabuhan. Kedua, burung rangkong merupakan burung endemik khas Kalimantan. Ketiga, lukisan atau garis-garis melengkung khas Kalimantan akan ditampilkan secara modern pada Bandara dan pelabuhan.

Adapun rencana tata ruang terminal bandara terdiri dari terminal VVIP, terminal VIP, parkir, pos pemeriksaan sisi udara, pos jaga, hanggar, kargo, rumah pompa, bangunan ibadah, perkantoran, kantin dan lainnya. (Ins/Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat